Bukan Sekadar Hobi, Ini 4 Pekerjaan yang Cocok untuk Penulis dan Menjanjikan

 





Penulis: Keza Felice

Mempunyai hobi menulis memang terasa sangat menyenangkan. Saat ini kegiatan tulis-menulis sudah terdengar tak asing lagi. Sepertinya setiap hari jumlah penulis semakin bertambah. Hal tersebut karena menjadi penulis memang tak sekadar hobi, tapi ada beberapa pekerjaan yang cocok untuk penulis. Ini merupakan peluang yang cukup baik sebagai jalan agar kamu bisa mendapatkan penghasilan hanya dengan pekerjaan yang mudah, bahkan bisa dilakukan secara online.

Mungkin pada awalnya kamu memikirkan kelanjutan hidupmu untuk beberapa waktu kedepan jika saat ini yang ditekuni hanyalah kegiatan menulis. Terkadang ada pula orang-orang di sekitar yang kurang mendukung apa yang kamu lakukan. Biasanya mereka cenderung menjatuhkan dan menganggap remeh bahwa menulis hanya membuat waktumu terbuang serta tidak akan bisa memberikan banyak keuntungan. Padahal, kenyataannya zaman sekarang sudah banyak ditemukan pekerjaan yang cocok untuk penulis.

 

Pekerjaan yang Cocok untuk Penulis, Menguntungkan Banget!

Merupakan hal yang wajar jika pada awalnya kamu merasa ragu apakah kedepannya kegiatan menulis bisa menguntungkan atau justru merugikanmu. Namun, kamu juga perlu lebih terbuka terhadap dunia kepenulisan. Lihatlah peluang yang sebenarnya dapat kamu manfaatkan dengan baik.

Mungkin kamu masih belum menyadari bahwa kegiatan menulis ternyata  bukan sekadar hobi. Lantas pekerjaan apa yang cocok untuk penulis? Berikut beberapa ide pekerjaan yang bisa kamu lakukan dengan kemampuan menulis.

 

1. Content Writer

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah content writer. Di zaman yang telah berkembang ini content writer atau penulis konten semakin banyak dibutuhkan oleh website ataupun blog yang kekurangan penulis untuk memperbanyak tulisan atau konten pada halaman situsnya.

Bagi sebagian orang menjadi content writer kedengarannya cukup sulit dilakukan. Padahal, memanfaatkan kemampuan menulis untuk menjadi penulis konten sangatlah gampang. Content writer bahkan memberikan peluang yang besar untuk memanfaatkan teknologi dengan baik. Kamu hanya perlu menulis dengan tema tertentu sesuai dengan keyword yang telah ditentukan.  

Ini merupakan pekerjaan penulis lepas yang mana sekarang profesi paling gampang ditekuni oleh seorang penulis adalah menjadi freelance content writer. Sehingga kamu tidak perlu terikat dengan perusahaan tertentu dan mereka juga bisa memberikan job kepadamu sewaktu-waktu.

Pernahkah kamu membaca artikel tertentu dari halaman Google? Artikel ataupun tulisan yang sering kali kamu baca di berbagai media merupakan salah satu hasil tangan dari para content writer. Tentu saja pekerjaan ini akan memberikanmu banyak keuntungan. Tidak hanya menambah wawasan, tapi juga dapat menjadi sumber penghasilan, menjaring lebih banyak relasi, dan meningkatkan kemampuan menulismu secara bertahap.

 

2. Editor

Menjadi editor tak kalah kerennya dari content writer. Sebagai seorang penulis pasti kamu telah menguasai aturan PUEBI dengan baik. Tidak hanya itu saja, karena sering menulis tentunya kamu juga mengetahui banyak kosa kata yang bagus dan benar sesuai dengan KBBI.

Karenanya kamu bisa menjadikan hobi menulis sebagai batu loncatan untuk mendapatkan pekerjaan. Apalagi saat ini banyak penerbitan yang membutuhkan seorang editor untuk mengurus naskah para penulis. Bahkan kamu juga bisa menjadi editor lepas untuk per orangan yang ingin naskahnya diperbaiki lho. Jadi kesempatan ini akan terbuka lebar saat kamu menekuni hobi menulis dengan baik.

 

3. Ghost Writer

Saat mendengar kata “Ghost Writer” mungkin yang ada dalam bayanganmu adalah penulis hantu. Tetapi bukan itu yang dimaksud dari ghost writer dalam dunia kepenulisan. Ini adalah pekerjaan yang cocok untuk penulis dan kamu dapat mencobanya bila kemampuanmu memang bisa diandalkan.

Sebab itulah tidak ada ruginya menekuni bidang kepenulisan, karena kamu bisa menjadi seorang penulis yang menyediakan jasa menulis cerita ataupun artikel untuk penulis lain tanpa mencantumkan namamu dalam karya tersebut. Gampangnya dapat dikatakan bahwa kamu adalah orang yang menulis karya tersebut, tetapi penulis yang memesan karya itulah yang akan menyantumkan namanya untuk tulisan yang sudah kamu garap. Kamu hanya bertugas menulis di belakang layar sehingga orang lain tidak akan tahu bahwa kamu adalah penulis aslinya.

Pekerjaan ini sangat mudah dilakukan karena kamu hanya perlu mengikuti permintaan klien atau pemesan. Bisanya mereka sudah menentukan keyword atau kata kunci yang perlu kamu bahas dalam tulisan tersebut. Menjadi ghost writer tentunya akan menjadi salah satu sumber penghasilanmu. Jadi menulis akan benar-benar bermanfaat bagimu dan orang lain.

 

4. Novelis

Apakah penulis novel dibayar? Mungkin kamu pernah memikirkan hal tersebut. Kamu tidak perlu ragu untuk menuangkan ide dalam sebuah tulisan dan membuat sebuah novel. Kegiatan ini memberikan peluang yang cukup baik untuk kamu yang memang ingin mengabadikan karya dalam sebuah buku dan juga mendapatkan penghasilan.

Saat ini sudah banyak platform menulis novel online berbayar yang siap menerima tulisanmu. Jika menjadi penulis premium di platform tertentu, kamu bisa mendapatkan penghasilan bila ada pembaca yang berkenan membeli bab berbayarmu menggunakan koin. Kamu juga bisa mendapatkan bonus dari jumlah bab yang diunggah. Royalti yang diberikan tentu sudah melalui tahap diskusi terlebih dahulu, di mana kamu dan pihak platform akan membicarakan keuntungan yang akan kamu peroleh saat menjadi member premium di platform tersebut.

Apabila kamu memang tidak ingin menjadikan karyamu berstatus “premium” dalam platfrom menulis novel online, kamu bisa langsung mengirimkan karyamu ke penerbitan. Pastikan novel yang kamu kirimkan sudah tamat, ditulis dengan rapi sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku di penerbitan tersebut, tidak plagiat, dan sudah melakukan self editing terlebih dahulu.

Jika novelmu ternyata menarik, pastinya penerbitan tidak akan ragu lagi untuk menerima dan menerbitkannya. Sehingga karyamu akan menjadi buku cetak dan dapat dibeli oleh orang lain. Tentu saja dari setiap novel yang terjual kamu akan mendapatkan royalti. Jadi kamu tidak perlu merasa khawatir bahwa karyamu akan berakhir dengan sia-sia.

 

 Apakah saat ini kamu sedang menekuni hobi menulis? Berusahalah dengan maksimal sehingga kemampuanmu dapat berkembang. Dengan begitu kamu akan mendapatkan pekerjaan yang cocok untuk penulis sesuai dengan kebutuhan dan kemampuanmu. Jadi kegiatan menulis tidak hanya sekadar hobi, tetapi juga sebagai salah satu sumber penghasilanmu!

3 comments for "Bukan Sekadar Hobi, Ini 4 Pekerjaan yang Cocok untuk Penulis dan Menjanjikan"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar kamu untuk bersilaturahmi dengan Furqon Adzarqowi.
Komentar kalian untuk perbaikan blog beserta isinya agar menjadi lebih baik lagi.

Salam, Sopan dan Santun adalah akhlaq terbaik dalam diri seseorang.
Kesan yang kamu tinggalkan adalah CERMINAN PRIBADI MU

Salam, Furqon Adzarqowi

close