4 Cara Membangun Rasa Percaya Diri Sebagai Seorang Penulis

 



Penulis: Keza Felice

Menjadi seorang penulis sukses menjadi impian banyak orang. Tentunya hal tersebut membutuhkan banyak usaha dan lebih dari sekadar kemampuan ‘bisa’ menulis. Setiap penulis dituntut agar siap dan mampu beradaptasi dengan dunia kepenulisan, konsisten berkarya, produktif, dan percaya diri. Lantas bagaimana cara membangun rasa percaya diri yang paling mudah bagi seorang penulis?

Rasa percaya diri sering kali menjadi permasalahan serius bagi para penulis, terlebih bagi penulis pemula. Terkadang melihat prestasi penulis lain membuat perasaan menjadi minder, malu, hingga merasa tidak pantas untuk turut berkontribusi dalam dunia kepenulisan. Hal ini tidak hanya menjadi permasalahan biasanya karena dampaknya akan menghambat perkembangan penulis itu sendiri.

 

Bagi Para Penulis, Ini Lho Cara Membangun Rasa Percaya Diri yang Sangat Gampang

Perkembangan dunia menulis semakin banyak diminati oleh banyak orang. Banyak pula penulis pemula yang mulai mencoba untuk menekuni bidang kepenulisan dan turut mempersembahkan hasil karyanya dengan berbagai motivasi dan tujuan.

Ada yang memang menekuni bidang kepenulisan karena ingin menjadi penulis terkenal, ada yang karena ingin mendapatkan gaji penulis novel yang nominalnya sangat fantastis, karena hobi, atau juga karena memang ingin mempunyai karya sendiri.

Akan tetapi kenyataannya tidak semua motivasi tersebut bisa dicapai dengan mudah dalam waktu singkat. Mendapatkan penghasilan dari menulis dan memperoleh ketenaran juga tidak bisa didapatkan oleh semua orang.

Bahkan motivasi yang berpusat pada materi juga kurang tepat untuk dipikirkan sejak awal. Sebab bagi yang tidak dapat mengimbanginya dengan usaha yang maksimal, hal tersebut justru akan menjadikan penulis tersebut lupa terhadap kewajibannya untuk memberikan karya terbaik dan berkualitas. Pada akhirnya hal ini akan menimbulkan kekecewaan pada diri sendiri.

Namun demikian, akan berbeda lagi jika kamu mempunyai semangat yang tinggi dan juga percaya diri. Sehingga apa pun motivasi yang dimiliki akan lebih mudah tercapai. Meskipun membangun rasa percaya diri itu cukup sulit, tapi yakinlah bahwa kamu pasti mampu mendapatkanya. Berikut beberapa cara membangun rasa percaya diri bagi penulis pemula yang bisa kamu praktikkan.

 

1. Membangun Kebiasaan Menjadi Seorang Penulis

Untuk  menjadi penulis yang berkualitas tentunya kamu perlu melalui banyak proses. Karenanya kamu perlu membiasakan diri untuk menulis karena semakin banyak waktu yang digunakan maka kamu akan terus mengalami perkembangan hingga kemudian menjadi seorang penulis yang sebenarnya.

Bahkan dengan terbiasa menulis lambat-laun kamu akan mengerti seperti apa cara menulis yang baik dan benar. Tidak hanya itu saja, dengan sering menulis kamu jadi lebih mudah membedakan antara yang benar dan salah. Dengan kemampuan itulah kamu akan lebih gampang menghasilkan sebuah tulisan yang berkualitas. Apalagi jika hal tersebut kamu iringi dengan memperbanyak membaca, pasti hasil tulisanmu juga akan semakin baik.

Dalam hal ini kamu memang harus membaca karea para penulis juga melakukan hal tersebut. Penulis lain juga melatih kemampuannya dengan menulis setiap hari, maka kamu juga harus melakukannya. Bahkan penulis tidak menunggu mood dan ide dulu untuk menulis, mereka akan tetap berkarya apa pun situasinya. Jadi kamu juga perlu menerapkan hal ini bila ingin menjadi penulis yang sukses.

Jadilah penulis pemula yang tidak pernah menyerah untuk memenuhi waktu dengan usaha dan semangat. Dengan konsisten, kamu akan lebih gampang menemukan rasa percaya diri sebagai penulis. Sebab secara tidak langsung kualitas tulisanmu pun akan berkembang secara pertahap.

 

2. Masa Bodoh Terhadap Omongan Orang Lain

Seberapa sering kamu memikirkan perkataan orang lain tentang dirimu? Apakah omongan yang mereka lontarkan dapat membangun rasa percaya dirimu atau justru merusak keberanianmu hingga merasa down, stres, atau bad mood?

Sebagai penulis pemula mungkin kamu belum mampu menghasilkan karya memukau sebagaimana para penulis yang sudah lama terjun dalam dunia kepenulisan. Akhirnya tak sedikit orang yang memberikan komentar buruk, mengejek, atau justru melontarkan kalimat-kalimat menyakitkan yang mengiris perasaanmu.

Hal tersebut memang suatu permasalahan yang tidak mustahil terjadi. Akan tetapi kamu perlu mengingat kembali tujuan dan motivasimu menulis. Bukankah ‘omongan orang’ tidak pernah masuk dalam kamus kepenulisanmu? Lantas mengapa kamu memikirkannya hingga berlarut-larut hingga melukai hati dan pikiranmu sendiri sampai akhirnya kamu melupakan kewajiban untuk terus berkarya dan belajar?

Tidak hanya penulis pemula saja, bahkan pejabat, kepala sekolah, guru, dan profesi lain yang ditekuni oleh seseorang tak luput dari pantauan orang lain dan menarik perhatian mereka untuk berkomentar. Karenanya untuk memiliki karya yang terbaik kamu harus berusaha lebih keras untuk mencapainya. Dan semua itu tentu saja tidaklah mudah. Karenanya terkadang kamu perlu bersikap masa bodoh dengan omongan orang lain dan fokuslah untuk berjuang sesuai target.

 

3. Mengetahui Alasan Menulis

Cara membangun rasa percaya diri yang sangat wajib dilakukan sebelum benar-benar terjun dalam dunia kepenulisan adalah mengetahui alasan menulis. Dengan mengetahui alasan mengapa kamu menulis akan mempermudah langkahmu dalam menentukan tujuan dan target yang harus dicapai saat menulis.

Dengan langkah ini kamu tidak akan mudah goyah walaupun dalam proses pelaksanaannya mendapati kendala. Namun, kamu harus benar-benar menemukan alasan yang sangat kuat di balik keinginan menulis. Hal tersebut bertujuan agar kamu lebih semangat untuk konsisten menulis dan disiplin.

Misalnya, apakah untuk mendapatkan popularitas, ingin memiliki sumber penghasilan utama, ataukan ingin menjadi seseorang yang bermanfaat untuk orang lain.

Alasan apa pun dapat kamu jadikan fondasi dasar agar bisa percaya diri sebagai seorang penulis pemula. Sehingga walaupun mempunyai kekurangan dalam menulis, kamu tidak akan goyah. Sebab masih ada alasan di balik kegiatan menulis yang harusnya kamu capai dengan segera.

 

4. Jangan Gampang Menyerah

Banyak penulis yang berpikir bahwa berhasil menerbitkan satu buku akan langsung mengubah nasib hidupnya, menjadi terkenal, mengisi berbagai seminar, menyelenggarakan jumpa fans, dan bisa menghasilkan uang dalam jumlah banyak dalam seketika.

Namun, mungkinkah semua itu terjadi semudah yang dibayangkan? Tentu saja kamu perlu melakukan banyak proses terlebih dahulu agar bisa mendapatkannya. Jadi alangkah baiknya jika kamu tidak menyerah di tengah jalan.

Bayangkan saja apabila kamu menyerah, maka kamu tidak akan mendapatkan apa pun. Mengapa demikian? Karena langkahmu sudah terhenti dan usahamu pun sudah tidak dianjutkan lagi. Maka apa yang dapat menjadikan tujuan menulismu tercapai bila kamu saja tidak melakukan apa-apa lagi?

Oleh sebab itulah kamu harus terus mempertahankan alasan dan tujuan menulis. Dan yakinlah bahwa semua yang kamu impikan bisa tercapai selagi kamu terus berusaha dengan maksimal. Jangan mudah menyerah sehingga apa saja yang terjadi kamu tetap percaya diri bahwa semua impian dan tujuanmu bukanlah sebuah kemustahilan untuk terwujud.

 

Nah, itulah cara membangun rasa percaya diri bagi seorang penulis yang sangat mudah diterapkan. Semua itu akan sangat berpengaruh dalam perkembangan menulis lho. Karenanya kamu harus mulai menata berbagai hal tersebut dari sekarang.

 

 

 

2 comments for " 4 Cara Membangun Rasa Percaya Diri Sebagai Seorang Penulis "

  1. Terima kasih atas thinkink positif dalam posts ini. Akhirnya saya paham.👍👍👍🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih kembali karena sudah berkenan membaca. Semoga bermanfaat dan tetap semangat :)

      Delete

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar kamu untuk bersilaturahmi dengan Furqon Adzarqowi.
Komentar kalian untuk perbaikan blog beserta isinya agar menjadi lebih baik lagi.

Salam, Sopan dan Santun adalah akhlaq terbaik dalam diri seseorang.
Kesan yang kamu tinggalkan adalah CERMINAN PRIBADI MU

Salam, Furqon Adzarqowi

close