Mengenal 5 Jenis Writer’s Block atau Kebuntuan Ide Agar Lebih Mudah Mengatasinya

 





Penulis: Keza Felice

Dalam kepenulisan mungkin kamu sudah sering mendengar istilah writer’s block atau bisa dibilang mengalami kebuntuan ide dalam menulis. Pikiran seakan-akan macet dan tidak menemukan apa pun sebagai bahan tulisan. Karenanya kamu pun jadi tidak produktif menulis. Maka dari itulah kamu perlu mengenali beberapa jenis writer’s block terlebih dahulu agar lebih gampang menemukan cara mengatasinya.

Bisa dikatakan bahwa writer’s block merupakan ketidakmampuan penulis dalam memproduksi materi baru. Kondisi seperti ini bisa berlangsung dalam waktu yang cukup lama, tapi tidak sedikit juga yang hanya mengalami buntu ide selama beberapa saat saja.

Pada umumnya kebuntuan ide saat menulis memang kerap kali terjadi dalam periode yang sementara. Namun, hal tersebut dapat menjadikan penulis pemula merasa pesimis dan menyerah untuk mewujudkan keinginannya menjadi seorang penulis profesional.

Jenis-jenis Writer’s Block yang Harus Dipahami

Banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya writer’s block, yang paling umum dialami pada setiap penulis seperti:

  • Jenuh dan bosan ketika menulis
  • Merasa kehabisan ide dan inspirasi menulis
  • Terlalu lelah akibat aktivitas harian
  • Mengalami kondisi sulit seperti sakit atau berduka
  • Mengalami permasalahan rumit dalam hubungan, bisa dengan teman, keluarga, sahabat, kekasih, dll
  • Projeck yang dipilih tidak sesuai dengan kemampuan penulis
  • Tidak cocok dengan genre yang digarap
  • Harapan tidak sesuai dengan ekspektasi
  • Tertekan dengan keadaan menulis, misalnya tulisan lama ternyata lebih sukses daripada yang sedang digarap,
  • Dan masih banyak penyebab lainnya.

Mengetahui penyebab writer’s block juga merupakan hal yang penting agar kamu lebih mudah mencari cara untuk mengatasinya. Sedangkan dengan mengetahui jenis writer’s block kamu akan leih gampang menemukan penanganannya.

Hal ini dikarenakan setiap writer’s block mempunyai tingkat risiko yang berbeda-beda. Mengetahui penyebab dan jenis kebuntuan ide yang dialami dengan baik, kamu akan semakin mudah melaluinya dan menemukan cara mengatasinya. Berikut beberapa jenis writer’s block yang dapat kamu pahami.


1. Terlalu Banyak Ide Menyebabkan Tidak Fokus

Setiap penulis pasti ingin memiliki banyak ide untuk menulis. Namun, bagaimana bila ide-ide tersebut justru membuat kamu kebingungan dan tidak bisa fokus menulis? Tentu saja hal semacam ini perlu kamu atasi dengan segera.

Apabila kamu memiliki banyak ide, tapi malah merasa bingung menentukan ide mana yang harus diprioritaskan dan dieksekusi terlebih dahulu, maka kamu sedang mengalami writer’s block. Penyebabnya sudah sangat jelas, yakni tidak fokus akibat terlalu banyak memiliki ide.

Permasalahan ini dapat ditangani dengan mencatat seluruh ide yang kamu temukan. Kemudian, pilih ide yang paling ringan dan mudah digarap. Setelah itu, eksekusi ide tersebut menjadi sebuah tulisan. Jangan terlalu lama membuat keputusan untuk menggunakan “ide yang mana”, tapi gunakanlah waktumu untuk menghasilkan sebuah karya.

 

2. Blank

Jenis writer’s block yang selanjutnya yakni ketika kamu merasa seakan-akan tidak mempunyai ide sama sekali alias blank. Jenis yang satu ini memang sering sekali dirasakan oleh penulis.

Pada saat kamu sudah berada di depan laptop ataupun ponsel dan bersiap untuk menulis, tiba-tiba seluruh inspirasi dan ide menulis seperti menghilang. Kamu bahkan jadi kebingungan dan tidak tahu lagi harus menulis apa dan seperti apa caranya. Alhasil, suasana hatimu jadi tidak baik atau bad mood karena beranggapan tidak bisa menghasilkan apa pun.


3. Merasa Bertemu Jalan Buntu

Pernahkah kamu mengalami hal seperti ini, di mana tulisan yang kamu garap sulit sekali untuk dilanjutkan. Cerita online yang rutin kamu publish bahkan sampai tidak terurus karena kamu merasa berhenti di tengah jalan.

Pada kenyataannya hal seperti ini sering terjadi ketika kamu sudah merasa nyaman dengan  kegiatan menulis, terlebih karena ide awal yang digunakan terasa sangat menarik untuk ditulis. Akan tetapi, setelah mendapat beberapa bagian atau justru sudah mencapai pertengahan karya, cerita yang kamu garap seolah-olah menemui jalan buntu. Akhirnya kamu pun susah sekali untuk melanjutkannya sampai tamat, lalu membiarkannya begitu saja dan lebih memilih menggarap cerita baru yang dianggap lebih fresh.


4. Bingung Menggunakan Kosa Kata yang Tepat

Setiap penulis pasti membutuhkan kosa kata yang tepat dan sesuai untuk menggambarkan apa yang ada dalam pikirannya. Dengan begitu maka susunan kalimat yang dihasilkan pun terlihat sempurna dan cerita akan menjadi menarik.

Sayangnya terkadang ada penulis yang mengalami permasalahan ini, yang mana sulit sekali menggunakan kosa kata yang tepat dan serasi untuk kalimat yang akan ditulisnya. Kamu pun mungkin pernah merasa seakan-akan kehabisan perbendaharaan kata untuk menggambarkan sebuah suasana dan situasi yang sempurna.

Hal tersebut menjadikanmu langsung bad mood dan uring-uringan sendiri. Rasanya semua kata hampir tidak ada yang pas untuk melukiskan sesuatu hal yang terjadi dalam karya yang kamu buat.


5. Jenuh dan Bosan

Jenis writer’s block yang terakhir adalah karena merasa jenuh dan bosan, entah karena tidak cocok dengan genre, tema, atau justru akibat sudah terlalu lama menulis tapi karya tak kunjung selesai juga. Hal lain yang dapat menyebabkan munculnya kejenuhan ataupun kebosanan yakni karena kurangnya waktu istirahat padahal kamu sudah banyak melakukan aktivitas selama seharian.

Bisa jadi juga karena kamu sudah mulai bosan dengan cerita yang ditulis karena alurnya terlalu bertele-tele, jumlah babnya terlalu banyak, atau karena ceritanya memang sudah membosankan. Tak heran bila akhirnya kamu jadi buntu ide dan bingung mau melanjutkan tulisan dengan cara seperti apa dan ide yang mana lagi.

 

Dari beberapa jenis writer’s block ini mana yang pernah kamu alami? Apakah kamu sudah menemukan solusi yang sesuai? Kamu harus segera mengatasi kebuntuan ide ini agar karya yang sedang kamu garap bisa terselesaikan. Oleh karenanya penting mengetahui jenis dan penyebabnya sehingga kamu bisa lebih gampang menemukan cara mengatasinya.


No comments for "Mengenal 5 Jenis Writer’s Block atau Kebuntuan Ide Agar Lebih Mudah Mengatasinya "

close