5 Tips Agar Produktif Menulis Meskipun Banyak Kesibukan, Kamulah yang Menentukan!

 




Penulis: Keza Felice

Setiap orang mempunyai kesibukan yang berbeda-beda sehingga tidak dapat disamakan satu sama lain. Meski begitu, adanya tips agar tetap produktif menulis ini dapat digunakan oleh siapa pun selagi kamu mempunyai niat dan tekad yang kuat.

Bukan suatu kemustahilan untuk terus berkarya saat keseharianmu dipenuhi dengan berbagai kegiatan yang menyibukkan diri. Akan ada waktu tertentu yang dapat digunakan sebagai me time “menulis”.

Biasanya me time memang digunakan untuk memanjakan diri dan menikmati waktu tanpa melakukan kegiatan-kegiatan berat. Seperti hanya untuk berkumpul dengan keluarga, istirahat, menonton film, dan melakukan berbagai hal menyenangkan lainnya.

Namun jika ingin produktif, tidak ada salahnya untuk mengubah me time tersebut sebagai waktu untuk menulis. Jangan membayangkan hal ini sebagai sesuatu yang ‘sulit’ dan ‘menyulitkan’. Karena tidak semua yang ada dalam bayanganmu itu akan menjadi kenyataan.

Tips Agar Produktif Menulis, Apakah Susah Dilakukan?

Kerap kali ketika menulis kamu harus berjuang untuk mempertahankan mood dan semangat sehingga bisa lancar berpikir dan menuangkan ide dalam sebuah tulisan. Dengan begitu akan sangat mudah bagimu untuk menyelesaikan karya dengan hasil yang memuaskan.

Lantas seperti apa sih tips yang paling mudah untuk menjaga semangat dan tetap produktif berkarya walaupun punya banyak kesibukan? Simak tips ini sampai tuntas, ya!

 

1. Membuat Tabel Target Harian

Bagaiamana sih bentuknya tabel target? Mungkin kamu berpikir bahwa tips pertama ini cukup sulit dilakukan. Tetapi dalam penerapannya, langkah ini sangatlah mudah dan terbukti dapat membuatmu menjadi produktif.

Cara membuatnya hanya dengan membuat tabel di buku dengan beberapa kolom untuk memberikan keterangan. Berikut beberapa keterangan yang dapat digunakan.

  • Kolom pertama: harus menulis untuk media mana saja
  • Kolom kedua: berapa jumlah kata per media
  • Kolom ketiga: keterangan upload (bisa ditandai dengan ceklis bila sudah menguploadnya atau tanda silang jika kamu tidak memublikasikannya)
  • Kolom keempat: tanggal mengunggah karya

Pastikan agar membuat tabel target tersebut di buku agar kamu bisa membukanya setiap hari. Sebab bila hanya ditulis di dalam laptop, besar kemungkinan kamu akan malas untuk meniliknya saat pikiran dan tubuhmu lelah karena aktivitas seharian.

Akan tetapi dengan menulisnya di buku kamu akan mudah menjangkaunya dan mengingat target yang harus dilakukan di hari tersebut. Pada akhirnya kamu akan tetap menulis karena sadar bahwa kegiatan ini sudah menjadi agenda yang tidak boleh terlewatkan.

 

2. Jangan Pelit Waktu

Sepertinya kesibukan harian memang tidak pernah akan ada habisnya, selalu ada-ada saja kegiatan yang menuntutmu untuk segera menyelesaikan. Namun, bila ingin tetap produktif menulis, ada baiknya agar tidak pelit dengan waktu.

Dua puluh empat jam saja rasanya akan sangat kurang jika kamu tidak pandai bersyukur dan membagi waktu. Oleh karenanya kamu dapat menyisihkan waktu untuk melakukan kegiatan menulis.

Katakan pada dirimu, “Sebentar saja! Aku harus tetap menulis walaupun hari ini sangat sibuk dan lelah, karena menulis sudah menjadi sebagian dari kehidupanku.”

Mungkin kalimat seperti itu sangat sepele dan tidak mempunyai nilai apa pun ketika hanya dibaca. Akan tetapi kamu akan merasakan bagaimana sensasinya ketika berhasil mengatakannya pada dirimu sendiri.

Kamu akan tersadar bahwa menulis memang menjadi bagian dari hidupmu yang harus diperjuangkan. Jadi, sebagai tips agar produktif menulis kamu bisa meluangkan waktu sebanyak 60 menit setiap hari.

Lantas gunakanlah waktu tersebut sebaik mungkin untuk menulis sesuatu, baik itu puisi, cerpen, bab untuk novel, artikel, dan lain sebagainya. Waktu 60 menit ataupun 1 jam memang terlihat sedikit. Tetapi sadarilah bahwa waktu yang sedikit itu hanya akan terlewatkan begitu saja jika kamu hanya membayangkannya tanpa melakukan apa pun.

Maka sebaiknya kamu memang harus langsung menuliskan ide yang sudah ada dalam draft menulismu atau justru mencari inspirasi lainnya. Ada baiknya agar tidak hanya membayangkan waktu 60 menit untuk apa, berapa kata yang bisa dihasilkan, dan lainnya. Segera menulis agar kamu menjadi produktif!

 

3. Mengedit Setelah Selesai Menulis

Mungkin kamu berpikir bahwa mengedit tulisan sambil menulis itu akan menghemat waktu. Tetapi kenyataannya hal tersebut justru akan membuatmu stuck dan benar-benar gelisah. Karena setelah menemukan satu kesalahan akhirnya kamu akan berusaha memperbaikinya yang tanpa disadari ternyata waktumu sudah habis hanya untuk memperbaiki kalimat tersebut sampai benar-benar sesuai. Dan kenyataannya tulisanmu justru tidak bertambah sama sekali.

Menjemukan sekali, bukan? Oleh karenanya sebaiknya fokuskan diri untuk menulis sampai selesai dan setelah itu lakukanlah self editing sebelum mengunggah karya. Langkah ini benar-benar terbukti sebagai tips agar tetap produktif menulis.

Kamu yang tidak banyak mempunyai waktu luang akan berhasil memanfaatkan waktu yang disediakan untuk menulis dengan maksimal. Sehingga dalam keadaan lelah pun kamu masih bisa menghasilkan satu karya. Dan perasaanmu pasti akan lebih puas dengan melakukan hal tersebut.

 

4. Ponsel, Tv, Chattingan, Media Sosial? No!

Sepertinya tips yang keempat ini sudah sangat sering kamu ketahui. Akan tetapi seberapa sering kamu melakukannya? Jangan pernah berpikir kamu akan produktif bila diri sendiri sulit menghindari ponsel, tv, chatting, dan media sosial ketika menulis.

Jangan banyak beralasan untuk menghindari berbagai godaan tersebut. Karena sebenarnya yang menggoda bukanlah beberapa rintangan itu, tetapi kamu sendirilah yang tidak mampu melawan keinginan untuk bermain-main. Kamu boleh berdekatan dengan ponsel, tapi hanya untuk mencari referensi dan bukan untuk bermain media sosial ataupun chattingan.

Mungkin kamu tidak menyadari seberapa banyak yang akan kamu lewatkan dengan scrolling sosial media. Hal ini sangat sepele sampai kamu sendiri bisa melupakan kegiatan menulis karena terlalu asyik bermain-main di jagat maya. Pada akhirnya kamu menyesal setelah sadar bahwa seharusnya waktu yang tadi telah terlewat semestinya digunakan untuk menulis.

Jadi, mulai sekarang cobalah untuk tegas pada dirimu sendiri. Bermain media sosial, chattingan, nonton film, dan berbagai kegiatan lainnya masih dapat kamu lakukan di waktu lain walaupun jam istirahat tidak banyak. Akan tetapi kegiatan menulis akan sangat sulit dilakukan di waktu-waktu sempit. Jadi, apa yang akan kamu lakukan sekarang? Terus bermain atau menulis dan menghindari godaan tersebut sebentar saja?

 

5. Cari Keuntungan

Salahkah untuk mencari keuntungan dari menulis? Tentu saja tidak! Kamu bebas mencari keuntungan apa pun selama hal tersebut baik untuk dirimu dan tidak merugikan orang lain. Misalnya dengan menulis kamu akan mendapatkan bayaran bulanan atau setiap tulisan yang kamu hasilkan akan dibayar oleh platform tertentu, dan lain sebagainya.

Dengan menemukan keuntungan tersebut, kamu dapat melakukan perhitungan. Semakin banyak menulis maka akan semakin banyak hasil yang akan diperoleh. Cara ini akan membuatmu bersemangat untuk melakukan kegiatan menulis walaupun hampir saja bad mood karena lelah.

Tetapi percayalah bahwa hasil tidak akan pernah mengkhianati usaha yang sudah kamu lakukan. Akan ada waktunya karya-karya yang kamu hasilkan bisa menjadi sumber kebahagiaan jangka panjang bagimu.

 

Tips agar produktif menulis walaupun banyak kesibukan ternyata tidak terlalu sulit, bukan? Sebenarnya yang membuatnya terlihat dan terasa sulit adalah dirimu sendiri. Jika kamu yakin ingin menulis, semestinya kamu tidak pernah malas untuk mencoba menerapkan berbagai cara penunjang agar bisa produktif. Pilihan ada pada dirimu sendiri. Selamat menentukan!

 

 

No comments for "5 Tips Agar Produktif Menulis Meskipun Banyak Kesibukan, Kamulah yang Menentukan!"

close