5 Cara Mengatasi Writer’s Block dengan Mudah Agar Karyamu Tidak Terbengkalai

 



 Penulis: Keza Felice

Apakah kamu pernah mengalami writer’s block? Cara mengatasi writer’s block seperti apa yang sudah kamu lakukan? Sebelum berlanjut mencari solusi yang tepat untuk mengatasi kebuntuan ide, kamu perlu mengetahui lebih dahulu penyebab sekaligus jenis writer’s block seperti apa yang sedang kamu alami.

Kondisi seperti ini bisa terjadi kapan saja dalam menulis, baik di awal, pertengahan, atau justru di akhir pengerjaan tulisan. Tentu saja writer’s block akan menyebabkan pikiran seakan-akan dibekukan alias terblokir, tidak punya ide baru, kehabisan stok ide, dan bingung akan menulis apa lagi.

Mungkin kamu sudah menemukan hal-hal yang ingin ditulis, tapi susah sekali untuk menuangkannya dalam tulisan yang menarik seolah-olah semuanya mandek. Bahkan, ide yang kamu miliki sepertinya menjadi ruwet dalam pikiran.

Cara Mengatasi Writer’s Block Paling Mudah

Kelihatannya writer’s block merupakan permasalahan sederhana, tetapi pada kenyataannya bagi setiap penulis kebuntuan ide menjadi permasalahan yang cukup rumit dan menguji kestabilan mood.

Apabila kamu mengalaminya maka tidak perlu emosi ataupun  marah-marah. Jangan memaksakan diri untuk tetap menulis dalam kondisi writer’s block karena secara tidak langsung hal tersebut menandakan bahwa pikiranmu terlalu penat seolah-olah sudah penuh. Oleh karenanya kamu perlu menggunakan waktu untuk mencari cara mengatasi writer’s block yang dapat diterapkan pada saat itu juga.

 

1. Merombak Outline

Kamu perlu membiasakan membuat outline sebelum menulis. Outline atau kerangka tulisan ini akan sangat berguna ketika kamu mengalami writer’s block. Saat merasa buntu ide kamu bisa menganalisa permasalahan yang membuat kamu tidak fokus lagi.

Apabila kamu tidak mampu menyusun kata-kata menjadi kalimat yang menarik atau justru tidak bisa berpikir apa yang ingin ditulis, alangkah baiknya untuk membaca kembali outline yang sudah kamu buat.

Kamu dapat merombaknya pada bagian tertentu yang sekiranya kurang pas. Atau kamu dapat menambahkan sedikit poin pada bagian-bagian tertentu tanpa mengubah inti cerita. Siapa tahu dengan begini kamu akan lebih mudah menemukan ide baru untuk melanjutkan kembali karya yang kamu garap.

 

2. Redecorate Ruang Menulis

Redecorate ruang menulis bisa menjadi cara mengatasi writer’s block yang dapat diandalkan. Ketika kamu merasa jenuh dan bosan dengan situasi menulis, menata ulang ruangan tempat kamu menulis akan menjadikan suasana hati kembali membaik.

Dengan suasana baru tentu saja ruangan akan terasa lebih segar. Hal tersebut akan meningkatkan mood menulismu sehingga kejenuhan yang sebelumnya dirasakan pun berangsur hilang dan kamu akan lebih berenergi.

Kamu dapat memindahkan posisi meja, menambahkan beberapa ornamen, menata ulang buku-buku di sekitarmu, menambahkan tanaman hias di meja, dan masih banyak hal lain yang dapat kamu lakukan.

Melakukan kegiatan ini akan membuat pikiranmu sedikit beristirahat dari kegiatan menulis. Selain itu pikiran pun akan terasa lebih ringan sehingga setelah itu kamu akan mudah memikirkanide yang akan digunakan. Secara tidak sadar suasana ruang kerja sangat berpengaruh terhadap kelancaran menulis lho!

 

3. Melakukan Kegiatan Fisik

Cara mengatasi writer’s block yang selanjutnya yakni dengan melakukan kegiatan fisik. Pasti saat mengalami buntu ide kamu justru merasa mager, bukan? Memang begitulah salah satu ujian yang harus kamu lalui untuk menjadi seorang penulis profesional.

Akan tetapi bukan berati permasalahan tersebut patut dibanggakan dan dilestarikan. Kamu harus melakukan kegiatan fisik sehingga kesibukan yang kamu kerjakan dapat membuat pikiran dan tubuhmu terfokus pada kegiatan tersebut.

Pada tahap ini kamu bebas menentukan aktivitas fisik seperti apa yang akan dilakukan. Misalnya jogging, merapikan isi lemari pakaian, bermain bersama anak-anak kecil di sekitar, mendaki gunung, atau hal lainnya.

Bahkan bila kamu mempunyai lahan kosong di sekitar rumah, kamu dapat mengubahnya menjadi taman yang minimalis. Kamu bisa menanam bunga atau justru membersihkan rumput. Pada intinya kegiatan fisik ini harus dilakukan tanpa ada paksaan sehingga tubuh dan pikiranmu akan lebih rileks. Hal tersebut akan membantu pikiranmu menjadi lebih terarah.

 

4. Lakukan Kegiatan yang Ringan

Sebenarnya tujuan mengatasi writer’s block bukan hanya untuk membuatmu kembali menemukan ide menulis, tetapi juga agar pikiran menjadi lebih santai. Maka dari itulah kamu dapat mensiasatinya dengan melakukan kegiatan-kegiatan ringan, misalnya menonton film, membaca buku, mengobrol, mendengarkan musik, atau menikmati video singkat di media sosial.

Kegiatan tersebut dapat membuatmu mendapatkan inspirasi baru. Bahkan dengan membaca kamu akan mengetahui banyak kosa kata baru dan juga memberikanmu referensi kepenulisan yang tepat.

Mungkin banyak yang menyepelekan kegiatan tersebut karena dianggap terlalu membuang-buang waktu. Akan tetapi membuat pikiran sesantai mungkin dapat mengasah kembali pola pikirmu hingga menjadi lebih tajam.

Kamu memang tidak menulis ketika waktumu digunakan untuk berbagai kegiatan tersebut. Akan tetapi setelah pikiranmu santai dan fresh, kamu akan lebih mudah untuk menjadi produktif lagi. Jadi tetap penting untuk membatasi waktu dan kembalilah bersemangat untuk melanjutkan tulisanmu.

 

5. Cobalah Menulis Bebas

Ini adalah cara mengatasi writer’s block yang terakhir, di mana kamu dapat mencoba menulis dengan bebas. Kamu tidak perlu mengedit tulisan pada saat itu, sebaliknya kamu hanya perlu menuangkan apa yang ada dalam pikiranmu menjadi tulisan.

Hal semacam ini bertujuan untuk membebaskan imajinasi dalam pikiranmu. Dengan menulis bebas akan mendisiplinkanmu untuk tetap menulis dan dapat menjadi terapi ketika kamu mengalami buntu ide alias writer’s block.

Setelah kamu puas menulis dan sudah menyelesaikannya, kamu dapat membacanya kembali agar bisa mengetahui hasilnya. Kamu juga dapat mencari letak kekuranganmu dan mungkin hal tersebut dapat menjadi inspirasi baru. Ketika kamu hanya menulis asal, biasanya inspirasi akan lebih mudah ditemukan.

 

Seberapa seringnya kamu mengalami writer’s block? Sudahkah mencari cara mengatasi writer’s block yang sesuai? Alangkah lebih baik bila kamu berusaha menerapkannya, bukan hanya memahaminya. Sebab hasil dari pengetahuanmu akan terbukti hanya saat kamu berkenan untuk melakukannya. Selamat mencoba!

 

 

 

 

 

 

No comments for "5 Cara Mengatasi Writer’s Block dengan Mudah Agar Karyamu Tidak Terbengkalai"

close