5 Cara Mendapatkan Banyak Pembaca Paling Efektif, Sudahkah Kamu Melakukannya?

 



Penulis: Keza Felice

Saat ini menulis sudah menjadi kegiatan yang cukup populer. Bahkan banyak ditemukan aplikasi menulis yang dapat membantumu dalam memublikasikan karya. Setiap penulis pasti ingin karyanya dijangkau oleh banyak orang. Namun, bagaimana cara mendapatkan banyak pembaca sehingga karyamu lebih cepat dikenal?

Suatu kebanggaan tersendiri jika karya yang kamu tulis bisa ditemukan oleh banyak pembaca. Apalagi bila karya tersebut memang menarik, tak sedikit para pembaca yang rela meluangkan waktu untuk memberikan dukungannya dengan memberikan vote dan komentar. Bahkan mereka juga akan menantikan update ceritamu setiap waktu

Hal seperti ini tentu akan membuatmu semakin semangat untuk terus menulis. Tetapi sebaliknya, jika ternyata karya yang kamu publish tidak banyak dilirik oleh pembaca, pasti rasanya akan sangat mengecewakan. Bahkan tak menutup kemungkinan kamu akan menjadi putus asa dan tidak bersemangat lagi. Jika memang demikian, sebaiknya kamu tidak perlu berlebihan dalam menyikapinya, ada baiknya untuk bergegas mencari cara agar karyamu dibaca oleh lebih banyak orang.

 

Cara Mendapatkan Banyak Pembaca dalam Waktu Singkat

Memiliki banyak pembaca di platform menulis online akan memberikanmu kesempatan untuk dikenal dan dilirik oleh penerbit. Dengan begitu karyamu pun berpeluang untuk diterbitkan, apalagi saat ini sudah banyak penerbitan yang bersedia menerbitkan naskahmu secara gratis. Tak heran bila setiap penulis ingin sekali mendapatkan banyak pembaca.

Tetapi bukan hanya mempunyai jumlah pembaca yang banyak saja, kamu juga harus tetap berusaha untuk meningkatkan kualitas karyamu sehingga menjadi semakin baik dan menarik. Nah, berikut adalah beberapa cara mendapatkan banyak pembaca agar karyamu semakin cepat dikenal.

 

1. Membuat Judul yang Unik dan Menarik

Judul menjadi komponen yang sangat penting untuk menarik minat pembaca. Judul yang unik dan menarik akan membuat pembaca yang melihatnya menjadi penasaran. Hal tersebut menjadi peluang yang baik untuk perkembangan karyamu.

Membuat judul memang bukan perkara yang gampang, tapi juga tidak terlalu susah. Namun, karena kamu ingin mendapatkan banyak pembaca maka sebaiknya berusahalah dengan maksimal untuk menentukan judul yang menarik. Untuk mendapatkan perhatian pembaca, kamu perlu menetapkan judul yang tidak pasaran sehingga mereka akan mudah mengingatnya.

Pada umumnya orang akan berpikir jika judulnya saja sudah menarik pasti isi ceritanya pun akan menarik. Tentu saja pemikiran tersebutlah yang akhirnya mendorong para pembaca untuk mengunjungi karya tulismu.

 

2. Menggunakan Cover yang Keren dan Cantik

Apakah kamu juga tipe pembaca yang memilih cerita berdasarkan judul dan sampulnya dulu? Seperti yang sudah banyak diketahui bahwa penampilan luar menjadi bagian yang selalu diperhatikan. Tidak sedikit orang yang menilai sesuatu dari penampilan luarnya lebih dulu, termasuk juga ketika mereka ingin membaca cerita.

Menggunakan cover atau sampul yang keren merupakan salah satu cara mendapatkan banyak pembaca. Sampul yang tampak cantik dan serasi dengan judul akan membuat pembaca semakin penasaran dengan isi ceritamu.

Cover menjadi ‘penyambut’ yang harus memberikan kesan menarik sehingga pembaca tergerak untuk memilihnya. Oleh karenanya kamu harus membuat cover yang keren sehingga pembaca akan mudah jatuh hati pada karya yang kamu tulis. Apabila cover yang kamu gunakan berhasil membuat orang yang melihatnya jadi terkesan, maka kesempatanmu mendapatkan banyak pun semakin besar.

 

3. Update Setiap hari

Akan menjadi sia-sia bila kamu hanya mempunyai judul dan cover yang menarik tetapi jarang sekali update cerita. Pembaca pasti akan merasa jenuh dan bosan karena terlalu lama menunggu. Bahkan yang terparah adalah mereka akan lupa dengan isi ceritamu, sehingga ketika kamu update cerita mereka menjadi tidak berminat untuk membacanya lagi.

Pembaca pasti akan kecewa ketika mereka tidak menemukan bab terbaru saat membuka cerita yang kamu buat. Jika hal tersebut sampai mereka lakukan berkali-kali tentu saja akan mempengaruhi citramu juga, kan? Mereka akan menilai bahwa kamu bukanlah penulis yang konsisten. Dengan begitu kamu akan kehilangan pembaca dan akan sulit lagi untuk mendapatkan banyak peminat.

Karenanya cobalah membuat jadwal untuk update cerita dengan rutin. Kamu bisa memberikan keterangan di kolom deskripsi ataupun pada bio platform menulis yang digunakan. Hal ini akan membuat para pembaca yang sudah berlangganan ceritamu menjadi lebih santai dan tidak perlu berkali-kali membuka karyamu itu. Mereka hanya perlu berkunjung sesuai dengan jadwal yang sudah kamu tetapkan untuk membaca bab terbaru.

Alhasil, kamu tidak akan kehilangan pembaca lagi. Bahkan, tidak menutup kemungkinan karya menarik yang kamu buat akan semakin mudah dikenal. Hal tersebut disebabkan karena kekonsistenanmu dalam melakukan update cerita. Sehingga ketika pembaca membutuhkan bahan bacaan, karyamu sudah siap untuk menyambut kehadiran mereka.

 

4. Lakukanlah Promosi

Ada banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk mempromosikan karya yang kamu tulis. Misalnya dengan membagikan link karya ke Facebook ataupun grup-grup tertentu di WhatsApp. Kamu juga dapat membuat konten promosi berupa editan foto yang berisi quotes ataupun spoiler adegan paling menarik di dalam novel, kemudian kamu bisa mengunggahnya di feed dan story Instagram.

Tidak ada salahnya juga meminta bantuan teman untuk turut membagikan link karyamu di status WhatsApp mereka. Namun, perlu diingat bahwa kamu juga harus memperhatikan waktu yang tepat untuk meminta bantuan kepada orang lain, terlebih jika hal tersebut hanya berisi permintaan untuk membantumu mempromosikan karya.

Selain itu kamu juga harus memperhatikan waktu yang paling efektif untuk melakukan promosi. Sehingga unggahanmu akan dijangkau dan diperhatikan oleh banyak orang. Berikut beberapa waktu yang dianggap cukup tepat untuk melakukan promosi:

  • 09.00-10.00 (Waktu istirahat)
  • 12.00-13.00 (Waktu makan siang)
  • 16.00-17.00 (Waktu pulang kerja)
  • 20.00-21.00 (Waktu istiarahat sebelum tidur)

 

5. Menjalin Interaksi dengan Penulis Lain

Cara mendapatkan banyak pembaca yang tak kalah efektifnya yakni dengan menjalin interaksi dengan penulis lain. Untuk mendapatkan pembaca setia pada tulisanmu, maka kamu perlu berinteraksi dengan mereka.

Tidak perlu memaksa orang lain untuk mengunjungi karya yang baru kamu publikasikan. Sebagai gantinya kamu dapat mengunjungi karya penulis lain dan memberikan apresiasi serta dukungan dengan memberikan komentar yang baik. Berikanlah semangat kepada orang lain agar kamu juga mendapatkan hal yang serupa.

Dengan memberikan komentar dan membaca karya penulis lain, mereka juga pasti akan balik membaca dan mengomentari ceritamu. Secara tak langsung, proses ini bisa disebut sebagai hubungan timbal balik. Di mana interaksi yang kalian bangun akan sama-sama menguntungkan. Semakin banyak teman yang kamu miliki, maka akan semakin banyak pula pembaca yang akan kamu dapatkan.

Bisa diibaratkan bila kamu ingin mempunyai banyak pembaca, maka jadilah pembaca yang baik terlebih dahulu. Dengan begitu orang lain pasti akan membalas kebaikanmu yang sudah bersedia mengunjungi karya tulis mereka.

 

Apakah kamu sudah pernah mencoba berbagai cara mendapatkan banyak pembaca seperti yang telah disebutkan di atas? Apabila memang belum pernah melakukannya, maka saat ini adalah waktu yang tepat untuk mencobanya. Lakukanlah dengan konsisten dan jangan gampang menyerah karena hasil akan selalu membalas usaha yang kamu lakukan. Selamat mencoba dan tetap semangat, ya!

 

 

No comments for "5 Cara Mendapatkan Banyak Pembaca Paling Efektif, Sudahkah Kamu Melakukannya? "

close