5 Cara Memilih Penerbitan Buku yang Tepat dan Cocok dengan Karyamu

 



Penulis: Keza Felice

Banyak penulis yang bertanya bagaimana cara memilih penerbitan buku yang tepat. Sebagai seorang penulis pastinya kamu ingin segera menerbitkan buku hasil karyamu sendiri. Dengan begitu kamu akan mendapatkan lebih banyak keuntungan daripada hanya menyimpan tulisan di laptop saja. Dan tentunya hal tersebut menjadi sebuah pencapaian yang sangat membanggakan.

Apabila kamu sedang menggarap naskah atau justru telah menyelesaikannya dan belum menemukan penerbitan yang sesuai, maka kamu tidak perlu teralu khawatir dan berpikiran negatif. Jangan takut tidak bisa menerbitkan tulisanmu hanya karena belum menemukan penerbitan yang tepat.

Cara Memilih Penerbitan Buku yang Tepat

Perlu diketahui bahwa setiap penerbitan memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda. Itu artinya tidak ada penerbitan yang dapat disamaratakan. Masing-masing mempunyai kekhususan dalam menerbitkan berbagai buku.

Ada penerbit yang hanya menerbitkan karya non-fiksi, buku dengan tema tertentu, buku ajar, novel, atau juga penerbitan yang dikenal dengan buku-buku populer dan masih banyak lagi kriteria lainnya. Jadi seperti apa langkah sederhana yang dapat kamu lakukan untuk menemukan penerbitan yang sesuai dengan tulisanmu? Berikut beberapa cara memilih penerbitan buku yang paling mudah.

 

1. Memahami Reputasi Penerbit

Sebelum kamu menentukan di mana akan menerbitkan buku, langkah pertama yang harus kamu perhatikan yaitu memahami reputasi penerbit tersebut. Cara ini bertujuan agar kamu terhindar dari penerbitan abal-abal yang hanya ingin mengambil keuntungan dari naskahmu tetapi tidak bisa memberikan kamu keuntungan sebagaimana mestinya.

Oleh karenanya kamu perlu memilih penerbitan yang benar-benar sudah mempunyai pengalaman yang cukup banyak dan baik. Kamu juga dapat bertanya kepada teman-teman penulis tentang penerbitan tersebut dan dengarkanlah pendapat yang mereka utarakan sehingga kamu bisa mempertimbangkan keinginanmu.

Kamu juga perlu memahami testimoni dari para penulis yang sudah menggunakan pelayanan penerbitan tersebut. Melalui penilaian orang lain kamu akan lebih mengerti apakah penerbitan yang kamu tuju sudah benar-benar tepat atau justru sebaliknya.

 

2. Menilik Bagaimana Kualitas Layanannya

Sebelum memilih penerbitan untuk tulisanmu, kamu harus menilik bagaimana kualitas pelayanan yang diberikan oleh penerbitan tersebut. Langkah kedua ini merupakan cara memilih penerbitan buku yang akan mempengaruhi kualitas hasil cetak dan juga keuntungan yang akan kamu dapatkan.

Ketika mendapatkan penerbitan dengan pelayanan yang baik, tentu saja kamu akan merasa nyaman dalam menjalin komunikasi. Dalam tahap ini kamu juga akan lebih mudah mengungkapkan seperti apa keinginannmu, melakukan konsultasi terkait isi naskah, membicarakan seperti apa cover yang ingin digunakan, dan masih banyak lagi lainnya.

Tentu saja dalam tahapan ini kamu juga harus mencari tahu seperti apa jenis kertas yang digunakan oleh penerbitan tersebut. Bagaimana layout yang mereka hasilkan dan seperti apa teknik pemasaran yang digunakan penerbitan tersebut.

 

3. Syarat dan Ketentuan Penerbitan

Bukan hanya memperhatikan apa yang diberikan oleh penerbitan untuk kamu, tetapi saat ingin menerbitkan tulisan kamu juga perlu memahami syarat dan ketentuan yang mereka tetapkan. Hal ini menjadi tanggung jawabmu terhadap naskah yang dimiliki sebelum mengirimkannya ke penerbitan.

Setelah mengetahui syarat dan ketentuan dari penerbitan kamu bisa mulai memenuhinya satu per satu. Usahakan untuk mengirimkan naskah yang benar-benar sudah sesuai dengan keinginan penerbit. Misalnya format pengiriman naskah mulai dari subjek e-mail, file yang harus disertakan (data diri, sinopsis, blurb dll), dan juga berbagai syarat lain terkait naskah. Seperti jumlah halaman, ukuran huruf, dan jenis font yang harus digunakan.

 

4. Biaya Penerbitan

Cara memilih penerbitan buku yang tepat juga dilakukan dengan memastikan biaya penerbitan yang mereka tetapkan. Cobalah untuk memilih penerbitan buku yang sesuai dengan budged yang kamu miliki, tetapi juga tetap memperhatikan kualitas cetak dan pelayanannya.

Biasanya penerbit buku sudah menyiapkan jenis paket penerbitan yang dapat kamu pilih. Nah, biasanya fasilitas yang mereka berikan juga tergantung pada paket-paket tersebut. Dalam arti lain, setiap paket terbit memiliki fasilitas yang berbeda-beda untuk penulis. Dengan begitu kamu dapat memilih paket terbit sesuai dengan kebutuhan dan kemampuanmu.

Misalnya apaket Bronze dengan harga yang murah hanya menyediakan fasilitas berupa editing, desain cover, proofreader, banner promosi, tetapi tidak memberikan ISBN. Sedangkan paket Gold yang harganya lebih mahal daripada paket Bronze akan memberikan kamu full fasilitas termasuk ISBN dan buku gratis sebanyak 5 eksemplar. Atau ada juga yang menyediakan paket gratis dengan syarat tertentu.

Pastikan kamu sudah memahami beberapa persyaratannya terlebih dahulu sebelum memilih paket terbit itu. Jangan lupa untuk mengikuti prosedur sesuai dengan yang dianjurkan oleh penerbitan. Sehingga pada saat naskahmu telah selesai diproses kamu tidak akan kaget ataupun merasa “salah pilih” karena dari awal kamu sudah mengetahui tentang pilihan paket dan fasilitas yang diberikan berdasarkan paket yang diambil.

 

5. Waktu Pengerjaan

Langkah terakhir yang dapat kamu lakukan untuk menemukan penerbitan buku yang tepat adalah dengan mencari tahu seberapa lama penerbitan tersebut melakukan proses penerbitan. Kamu bisa bertanya langsung kepada admin penerbitan, membaca keterangan pada berbagai postingan di feed instagram penerbit, atau justru bertanya kepada penulis yang sudah pernah menerbitkan karyanya pada penerbitan tersebut.

Dengan mengetahui waktu pengerjaan inilah kamu bisa melakukan ancang-ancang untuk melakukan promosi dan juga memenuhi segala macam keperluan penunjang. Dengan begitu kamu akan lebih siap ketika naskah telah selesai diproses dan sudah waktunya untuk Pre-Order. Dan apa yang kamu lakukan juga akan terasa tepat serta memuaskan karena semuanya sudah sesuai seperti yang kamu harapkan.

 

 

Sebenarnya cara memilih penerbitan buku yang tepat memang tidak sulit. Tetapi terkadang keraguan dalam hati dan pikiranmu itulah yang justru mempersulit. Saat ini sudah banyak media sosial yang dapat kamu gunakan untuk memenuhi semua keperluan sebelum menerbitkan buku, termasuk mencari tahu tentang penerbitan yang dituju. Bahkan kamu juga dapat bertanya kepada penulis lain yang sudah berpengalaman. Jadi sekarang tidak ada lagi alasan bingung memilih penerbitan buku, ya!

 

No comments for " 5 Cara Memilih Penerbitan Buku yang Tepat dan Cocok dengan Karyamu"

close