5 Aplikasi yang Harus Dimiliki Para Penulis, Kamu Sudah Punya?

 



Penulis: Keza Felice

Kegiatan menulis bisa dilakukan kapan saja ketika kamu mempunyai waktu luang. Tidak harus menggunakan laptop, kamu bisa memanfaatkan ponsel sebagai sarana menulis. Tetapi apa saja sih aplikasi yang harus dimiliki para penulis dan bakal berguna untuk menunjang proses kepenulisan?

Sekarang zaman yang serba canggih ini sudah memudahkan kamu untuk terus melangkah dalam mencapai impian. Bahkan kegiatan menulis pun jadi sangat gampang dilakukan. Kamu hanya perlu download beberapa aplikasi yang pasti berguna dalam proses menulis. Sehingga kamu bisa menuangkan ide-ide cemerlangmu kapan pun dan di mana pun tanpa merasa kesusahan.

Aplikasi yang Harus Dimiliki Para Penulis

Jika dulu kamu hanya menggunakan ponsel sebagai alat komunikasi, saat ini kamu bisa mendapatkan yang lebih menguntungkan daripada itu. Bahkan hanya melalui ponsel kamu juga bisa mendapatkan penghasilan sendiri lho! Jadi tidak sekadar bermain media sosial, sekarang ponselmu bisa lebih bermanfaat hanya dengan modal kuota dan keuletan.

Adanya kuota dapat kamu gunakan untuk mengunduh banyak aplikasi pendukung dalam menulis. Dan keuletan harus dimiliki dalam setiap usahamu agar kedepannya kamu bisa lebih mudah mencapai impian dan target yang sudah ditentukan.

Dengan begitu kamu bisa mengubah pandangan orang lain terhadapmu. Mungkin saat ini masih banyak yang melihatmu dari satu sisi saja, misalnya kamu dicap sebagai anak yang senang bermain ponsel. Padahal, sebenarnya yang terjadi tidaklah sesimpel itu, bukan? Ponsel dapat lebih bermanfaat daripada apa yang sudah mereka bayangkan selama ini.

Lantas bagaimana hubungannya dengan kegiatan menulis, ya? Ternyata kegiatan menulis memang tidak ada batasnya. Jika belum memiliki laptop, kamu bisa menggunakan ponsel untuk menulis. Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang harus dimiliki para penulis supaya kegiatan menulis semakin mudah dan asyik!

 

1. WPS Office atau Sejenisnya

Apakah kamu sudah tahu aplikasi tersebut? Sebenarnya ada banyak pilihan aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan draft, seperti Google Keep atau Catatan Keep, Notepad, Notes, Microsoft Word, dan lain sebagainya.

Semua aplikasi tersebut bisa kamu gunakan untuk menulis dan menyimpan ide-ide yang kamu dapatkan walaupun situasinya masih kurang memungkinkan untuk menulis. Kamu bisa menyempatkan diri untuk mencatat ide tersebut dalam aplikasi pilihanmu.

Ketika nantinya ada waktu untuk menulis dan kebetulan kamu sedang dalam perjalanan, aplikasi-aplikasi tersebut bisa menjadi pilihan terbaik untuk menulis sebuah karya. Bahkan banyak lho penulis yang menghasilkan novel hanya melalui ponsel. Jadi bukan suatu halangan bila ingin tetap berkarya walaupun belum memiliki laptop, sebab kamu masih bisa memanfaatkan ponsel sebagai gantinya.

Aplikasi-aplikasi tersebut akan bermanfaat bagimu ketika ingin menuangkan ide kepenulisan tanpa repot. Kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan gunakanlah aplikasi yang menurutmu paling aman dan nyaman untuk digunakan.

 

2. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

KBBI menjadi aplikasi yang harus dimiliki penulis di dalam ponselnya. Dalam aplikasi ini kamu dapat menemukan banyak sekali kosakata bahasa Indonesia yang sudah disusun dengan sistematis berdasarkan alfabet. Bahkan dalam aplikasi KBBI kamu akan lebih mudah menemukan beragam kata yang sebelum-sebelumnya tidak kamu ketahui.

Apabila kamu menuliskan kata yang salah, maka kamu akan langsung diarahkan pada penulisan kosa kata yang baku dan sudah tepat. Bahkan seluruh arti dari kata tersebut juga akan ditampilkan di layar ponsel sehingga kamu lebih gampang untuk memahaminya.

Mempunyai kamus akan semakin memudahkanmu dalam menekuni kegiatan menulis. Kamu bisa menambah banyak pengetahuan tentang kata-kata baku yang akan berguna ketika kamu mulai menulis.

Misalnya:

  • Frustrasi bukan Frustasi
  • Respons bukan Respon
  • Waswas bukan Was-was
  • Sekretaris bukan Sekertaris, dan lain sebagainya.

Apabila kamu merasa ragu bagaimana penulisan kata yang baku, bukalah aplikasi KBBI dan tulislah kosa kata yang kamu maksud pada kolom pencarian. Hanya dengan langkah simpel ini kamu bisa mengetahui bagaimana penulisan kata yang salah dan seperti apa penulisan kosa kata yang benar. Pastinya ini tidak akan menyulitkanmu karena aplikasi KBBI bisa diakses melalui ponsel.

 

3. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI)

PUEBI menjadi aplikasi penting yang harus dimiliki penulis dalam ponselnya. Aplikasi ini menjadi sistem yang dapat mengatur ejaan dalam bahasa Indonesia dengan benar. PUEBI menjadi aplikasi yang dapat membantumu untuk menghasilkan karya sesuai dengan kaidah kepenulisan yang baik dan benar.

Kamu bisa mempelajari banyak hal, seperti tentang huruf vokal, kata dasar, gabungan kata, kata depan, atau juga partikel seperti: di, ke, dan pun. Kamu juga bisa mengetahui kapan seharusnya huruf kapital digunakan. Dalam aplikasi ini akan diberikan penjelasan dengan lengkap terkait pencarian yang kamu tujukan. Jadi kamu bisa mulai belajar menulis dengan baik dan benar menggunakan aplikasi PUEBI ini.

 

4. Tesaurus Indonesia

Tahukah kamu bila tesaurus bisa menjadi kamus yang berguna untuk mengetahui persamaan kata atau yang disebut sinonim? Hanya dengan menuliskan kata tertentu di kolom pencarian, kamu akan mendapatkan pengetahuan yang lebih luas tentang persamaan dari kata tersebut.

Untuk menghindari pemakaian kata yang selalu sama dan monoton, kamu bisa menggunakan tesaurus dan memilih persamaan kata tersebut untuk digunakan. Tulisan yang kamu hasilkan pasti lebih terlihat indah dan memesona. Apalagi bagi kamu yang senang menulis puisi, tesaurus akan sangat membantumu memilih kata-kata indah tanpa mengubah makna dari tulisanmu.

 

5. iPusnas

aplikasi yang harus dimiliki para penulis termasuk juga dengan iPusnas. Daripada kamu membaca e-book ilegal yang tersebar di media sosial, lebih baik gunakan aplikasi ini untuk memenuhi asupan bacamu.

Tentu saja untuk menjadi penulis kamu juga harus bisa menjadi pembaca yang baik. Di iPusnas inilah kamu bisa menemukan banyak sekali bahan bacaan, seperti buku-buku pelajaran, novel, dan banyak lagi buku menarik lainnya yang bisa dipinjam dan dibaca secara gratis.

Banyak kategori buku yang terdapat dalam aplikasi iPusnas mulai dari Anak, Biografi, Cerpen, Drama, Fiksi Remaja, Komik, Majalah, dan lain sebagainya. Banyak novel-novel para penulis terkenal yang juga terdapat di aplikasi ini. Nah, bila kamu ingin banyak membaca tapi tidak mempunyai bukunya, gunakan saja aplikasi tersebut untuk mendapatan bahan bacaan berkualitas yang kamu inginkan.

Dengan begitu kamu akan lebih mudah mendapatkan banyak pengetahuan, termasuk juga tentang kepenulisan. Sehingga kedepannya kamu bisa menghasilkan karya yang lebih berkualitas.

 

Itulah beberapa aplikasi yang harus dimiliki para penulis di dalam ponselnya. Semua aplikasi tersebut akan membantumu menjadi penulis yang produktif dalam berkarya. Dan semuanya pun sangat mudah diakses olehmu kapan pun kamu mau.

No comments for "5 Aplikasi yang Harus Dimiliki Para Penulis, Kamu Sudah Punya?"

close