4 Tips Promosi Novel di Media Sosial Terbaik dan Termudah




 Penulis: Keza Felice

Saat ini sosial media bukan  hanya digunakan untuk memperbanyak teman atau menyambung silaturahmi, tapi juga dapat digunakan sebagai wadah memperkenalkankan produk yang dimiliki. Termasuk juga para penulis yang sudah mempunyai karya tulis. Namun, kamu harus tetap memperhatikan tips promosi novel di media sosial agar para pengguna bisa tertarik dengan apa yang kamu tawarkan.

Sebagai penulis tentu saja kamu wajib melakukan promosi karya, terlebih jika tulisanmu sudah diterbitkan menjadi buku. Langkah ini bertujuan untuk mengenalkan karya yang kamu miliki kepada banyak orang. Para pengguna media sosial yang melihat pasti akan tahu bahwa kamu baru saja menerbitkan buku atau novel, sehingga mereka yang berminat bisa langsung menghubungimu untuk membelinya.

 

Tips Promosi Novel di Media Sosial Terbaik

Rajin melakukan promosi akan meningkatkan penjualan. Artinya kamu akan mendapatkan banyak pembeli dan memperoleh royalti yang cukup banyak. Apalagi memperkenalkan karya yang kamu tulis memang wajib dilakukan. Kamu tidak perlu malu, minder, atau tidak percaya diri.

Promosi bukan hanya meningkatkan penjualan, tetapi juga sebagai langkah untuk branding diri. Kamu perlu mengenalkan siapa dirimu dan apa saja karya yang sudah kamu hasilkan. Biasanya penerbitan atau orang-orang tertentu juga memperhatikan isi postinganmu.

Mereka pasti akan lebih suka pada penulis yang produktif, rajin promosi, dan ramah terhadap siapa pun. Siapa tahu mereka justru memberikan tawaran yang baik untukmu setelah menilai beberapa aspek tersebut.

Nah, gimana nih tips promosi novel di media sosial yang paling mudah dan terbukti berhasil menarik minat calon pembeli? Ikuti beberapa langkah berikut ini!

 

1. Gunakan Foto yang Menarik

Langkah pertama yang harus kamu lakukan saat mau promosi adalah menyiapkan foto. Kamu dapat mengunggah foto buku yang ditawarkan semenarik mungkin. Siapkan tampilan yang unik, rapi, dan nyaman dipandang. Oleh karenanya kamu perlu memilih angle yang bagus.

Apabila kamu memang belum memiliki bukunya karena karya tersebut masih dalam proses pre-order, maka gunakanlah aplikasi edit foto sehingga kamu bisa tetap mengunggah foto yang menarik. Kamu dapat melakukan editing dengan menggunakan cover novel tersebut dan mengimbuhinya dengan quotes dari karya yang sedang dipromosikan.

Kamu juga harus selalu memperbarui foto yang akan digunakan. Dengan arti lain, kamu perlu menyiapkan banyak foto, baik yang diambil secara langsung atau dengan melakukan editing foto. Sehingga unggahan yang kamu sajikan tetap terlihat fresh walaupun yang dipromosikan masih novel yang sama. Orang lain pasti tidak akan bosan melihat unggahanmu lewat di beranda karena foto yang digunakan juga sudah berbeda dari hari sebelumnya.

 

2. Rajin Posting dan Gunakan Caption Menarik

Tips promosi novel di media sosial yang selanjutnya adalah dengan rajin posting. Setelah memiliki bahan atau foto yang akan diunggah, kini saatnya kamu bersemangat untuk mempromosikan novel tersebut.

Usahakan untuk selalu posting setiap hari walaupun hanya mengunggah satu foto saja. Namun, tetap ingat bahwa kamu harus menggunakan foto yang berbeda. Jangan lupa gunakan caption yang menarik sehingga para pengguna media sosial akan merasa penasaran dengan novel yang kamu promosikan.

Langkah ini berlaku untuk setiap karya yang kamu miliki, walaupun novel tersebut merupakan karya lama. Sebab bisa saja ada yang baru berteman denganmu sehingga dia belum tahu bila kamu mempunyai karya itu. Tetapi dengan promosi secara rutin akan membuat mereka mengetahui lebih banyak tentangmu.

 

4. Mention atau Tag Teman

Untuk memaksimalkan promosi novel di media sosial, sesekali cobalah mengunggah foto serta mention ataupun tag teman-teman terdekatmu. Ada baiknya kamu meminta izin kepadanya melalui chat pribadi bila ingin menandai akunnya pada sebuah postingan. Apabila teman yang kamu tag atau mention sudah sangat dekat denganmu dan tidak pernah keberatan saat kamu menandainya dalam suatu unggahan, maka kamu bisa langsung menandainya.

Hal tersebut harus tetap kamu sesuaikan dengan seberapa dekat pertemanan yang kalian jalin selama ini. Jangan sampai temanmu merasa terganggu dengan unggahan promosi novelmu. Jadi, pastikan kamu memang memilih teman-teman terdekat dan yang sudah care sama kamu.

Dengan begitu postinganmu akan diketahui oleh lebih bayak orang. Apalagi jika mereka juga turut meramaikan kolom komentar postingan itu. Dengan begitu orang lain pasti akan merasa tertarik, sehingga mereka akan turut menilik dan membaca caption promosi serta komentar-komentar tersebut.

 

4. Menulis Tentang Novel Tersebut di Blog

Apakah kamu sudah mempunyai blog? Menggunakan blog menjadi langkah yang sangat membantu dalam mempromosikan karya. Kamu dapat menulis berbagai hal yang berkaitan dengan novel tersebut dengan kalimat yang menarik dan lebih panjang daripada caption di media sosial.

Kamu boleh memberikan sedikit spoiler, tetapi jangan sampai kamu memaparkan inti cerita dari novel yang sedang dipromosikan. Buatlah mereka bertanya-tanya dan merasa penasaran dengan isi keseluruhan dari cerita yang kamu tulis.

Kamu bisa mengusung tulisan dari sudut pandang yang berbeda, misal proses menulis novel tersebut, alasan mengapa meilih genre dan tema itu, rintangan yang dialami, atau bagaimana awal kamu menemukan idenya hingga proses penerbitan terselesaikan.

Meski demikian, kamu juga harus tetap menyisipkan detail novel yang sedang dipromosikan agar para pembaca dapat mengetahuinya. Seperti dengan menyantumkan harga novel, nomor ISBN, nama penerbitan, akun media sosial, dan nomor yang dapat dihubungi untuk memesan.

Setelah kamu selesai dengan menulis isi blog dan mengunggahnya, maka segeralah share tulisan tersebut di media sosialmu. Hal ini bertujuan agar artikelmu mendapatkan lebih banyak pembaca. Bahkan kamu juga dapat mengunggah link dari blog ke grup-grup tertentu.

 

Demikian tips promosi novel di media sosial yang paling mudah dilakukan. Beberapa tips ini terbukti mampu meningkatkan penjualan novel lho. Semakin rajin promosi maka akan semakin besar kesempatanmu mendapatkan banyak pembeli.


No comments for "4 Tips Promosi Novel di Media Sosial Terbaik dan Termudah"

close