4 Tips Membuat Opening Cerita yang Menarik Beserta Contohnya

 



Penulis: Keza Felice

Opening ataupun pembuka cerita menjadi salah satu bagian paling penting untuk menjadikan cerita lebih menarik dan memikat. Apabila kamu berhasil menulis opening cerita yang menarik, sama halnya kamu juga telah berhasil menarik perhatian pembaca. Ada beberapa tips membuat opening cerita yang menarik dan mudah dilakukan.

Memiliki opening cerita yang menarik akan menjadi salah satu keistimewaan bagi karya yang kamu tulis. Sebab pembaca akan melanjutkan kegiatan membacanya jika merasa opening cerita yang kamu tulis berhasil membuat mereka nyaman dan tertarik.

 

Tips Membuat Opening Cerita yang Menarik

Hal yang harus diperhatikan oleh setiap penulis dalam membuat pembuka cerita adalah bahwa opening tersebut harus bisa membuat para pembaca ingin terus-terusan membaca. Dengan arti lain, bila membaca awal ceritamu mereka akan langsung merasa tertarik dan harus menuntaskannya karena opening yang kamu berikan dikemas dengan menarik.

Ada banyak tips untuk membuat opening yang menarik dalam sebuah novel maupun cerpen. Simak beberapa tips mudah berikut ini!

 

1. Menggambarkan Setting Cerita atau Karakter

Cara ini hampir dilakukan oleh setiap penulis untuk membuka cerita mereka karena langkah tersebut dianggap paling mudah. Menceritakan tentang karakter tokoh ataupun setting cerita memang sangat gampang karena kamu lebih memahami kondisi kedua hal tersebut.

Secara umum kamu hanya perlu mendeskripsikan karakter ataupun setting cerita dalam novel di bagian awal. Bisa dengan mengisahkan kondisi si tokoh atau juga menjabarkan tentang setting waktu dan tempat yang dimiliki tokoh utama.

Misalnya seperti berikut:

Langit masih saja gelap ketika Moura membuka mata. Dia tidak tahu sudah berapa lama menatap kegelapan saat semilir angin terus-menerus mengusap seluruh permukaan kulitnya. Moura tidak mengenakan selimut setiap dia meyakini hari telah gulita. Dia tetap saja merasa sepi dan hatinya tetaplah dingin. Di matanya, pancaran sinar matahari pun tak ubahnya bohlam lampu yang telah terbungkus kain hitam. Setiap waktu tak ada bedanya, dunia yang dia miliki akan tetap gelap dan menakutkan. Sampai akhirnya seorang pria datang dan membimbingnya berjalan menjauhi tempatnya beristirahat. Sepertinya Moura akan segera mengetahui takdir barunya yang entah lebih menyedihkan atau sebaliknya.

 

2. Menggunakan Pertanyaan

Tips membuat opening cerita yang menarik juga dapat dilakukan dengan menggunakan pertanyaan. Kamu juga dapat mengambil contoh opening Wattpad yang menggunakan metode ini, sebab biasanya para penulis di platform tersebut sering menggunakannya.

Atau kamu juga bisa memahami beberapa novel cetak yang mempunyai metode serupa. Sehingga kamu memiliki referensi ketika ingin membuat pembuka cerita yang menarik.

Sebenarnya metode ini tidak terlalu sulit karena kamu hanya perlu menulis pertanyaan yang relevan, sesuai dengan konsep cerita, serasi dengan kelanjutan cerita yang ditulis, dan memancing rasa keingintahuan pembaca.

Akan tetapi perlu diketahui bahwa pertanyaan tersebut bukan ditujukan kepada karakter dalam cerita. Pertanyaan yang kamu buat harus ditujukan kepada pembaca seolah-olah kamu sedang memberikan pertanyaan kepada para mereka mengenai kejadian yang akan kamu sampaikan dalam cerita.

Misalnya:

Untuk siapa dia menangis tersedu-sedu? Apa yang sebenarnya terjadi pada 24 jam lalu? Apakah kepergian Resya yang hanya sebentar telah merenggut kebahagiaannya?

Aku tidak paham dengan perubahan yang terjadi, tapi aku tahu bahwa kali ini jawabannya akan segera diketahui.


3. Membuat Opening Cerita dengan Pernyataan ataupun Fakta Mengejutkan

Tips membuat opening novel ataupun cerpen yang menarik juga bisa kamu lakukan dengan mengungkapkan suatu pernyataan ataupun fakta yang cukup mengejutkan dari dalam cerita. Metode yang satu ini juga dinilai cocok untuk menjadi pembuka tulisan dengan jenis artikel umum.

Tentu saja fakta ataupun pernyataan yang kamu tulis haruslah menarik sehingga dapat menyedot perhatian pembaca. Dengan begitu mereka pasti akan melanjutkan kegiatan membacanya. Jadi pastikan bahwa fakta yang kamu tunjukkan mempunyai efek magnet agar pembaca tidak meninggalkan karyamu.

Dengan memperlihatkan fakta mengejutkan dari cerita yang kamu tulis, pembaca pasti akan mulai bertanya-tanya tentang apa yang sebenarnya terjadi dan mengapa semua bisa menjadi seperti itu.

Contohnya seperti berikut:

Hanggin tahu bahwa menangis dapat mengurangi risiko depresi dan membuat perasaan lebih tenang. Ini sangat membantunya, terlebih karena saat ini dia berada di bawah tekanan kedua orang tua yang selalu bertengkar setiap menjelang petang. Itulah sebabnya dia tidak ragu untuk meneteskan air mata. Namun, tanpa dia sadari ternyata air mata yang jatuh ke bumi dapat menjadi penjemput ajal orang-orang terdekatnya.

 

4. Opening Cerita dengan Dialog

Dialog dapat menjadi salah satu cara membuat opening cerita yang menarik. Pada sesi ini kamu bisa melibatkan beberapa karakter dalam novel yang akan kamu ceritakan. Opening menggunakan dialog ini banyak dipakai baik oleh penulis pemula atau penulis profesional sekalipun.

Sama halnya dengan menunjukkan fakta mengejutkan, dalam pembuatan dialog di awal cerita kamu juga harus memperhatikan isinya. Di mana kamu tetap harus menulis dialog yang menarik untuk menculik perhatian pembaca.

Dengan metode ini pembaca akan semakin penasaran dengan kelanjutan dari dialog tersebut. Mereka juga akan mulai menebak-nebak apa maksud dari perkataan tokoh yang ada pada opening cerita.

Misalnya: “Aku tidak peduli lagi apa yang dia rasakan saat meregang nyawa. Yang terpenting adalah membuat dia menderita walaupun setelah kematiannya. Orang bilang, jasad akan merasa kesakitan saat ditekan sedikit saja. Maka tunggulah perlakuan istimewaku untuk mayat itu, walaupun sudah mati aku tidak akan pernah mengampuninya!”

 

Dari keempat tips membuat opening cerita yang menarik tersebut mana saja yang pernah kamu coba? Tentu saja kamu dapat menggunakannya baik dalam membuat cerpen ataupun novel. Semakin banyak berlatih maka kualitas tulisanmu pun akan semakin baik.

1 comment for "4 Tips Membuat Opening Cerita yang Menarik Beserta Contohnya"

  1. Wah tipsnya bisa ku terapkan ke tulisan tekno. Tapi orang teknik kayak kami biasanya tidak terlalu perduli dengan intro. He he he...

    Segala hal menurut teman teman sebaiknya langsung ke topik tanpa basa basi dan membuang waktu. Persoalannya adalah: Bagaimana menarik perhatian mereka di luar dunia kita?

    Tips ini niii

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar kamu untuk bersilaturahmi dengan Furqon Adzarqowi.
Komentar kalian untuk perbaikan blog beserta isinya agar menjadi lebih baik lagi.

Salam, Sopan dan Santun adalah akhlaq terbaik dalam diri seseorang.
Kesan yang kamu tinggalkan adalah CERMINAN PRIBADI MU

Salam, Furqon Adzarqowi

close