4 Cara Mengatasi Ragu Terhadap Ide Menulis, Gunakan Teknik 3K!

 



Penulis: Keza Felice

Pernahkah kamu merasa takut untuk membuat sebuah tulisan? Seperti takut gagal mengeksekusi ide, karya tidak menarik, atau takut tidak bisa mengembangkan ide? Sebenarnya ada cara mengatasi ragu terhadap ide menulis yang dapat kamu lakukan sehingga pikiran-pikiran negatif itu tidak menghambat kinerjamu.

Sebenarnya keraguan hanyalah pemikiran buruk yang semestinya dijauhi. Keragu-raguan dapat membuatmu merasa terpojokkan dan merasa ‘paling kecil’ seolah-olah apa pun yang dilakukan tidak akan pernah berhasil karena ada orang lain yang lebih baik daripada kamu. Padahal setiap orang punya peluang masing-masing dalam setiap bidang, sehingga semestinya kamu tidak mengkhawatirkan tentang hal semacam ini.

Sudah semestinya kamu bersikap tegas dalam mengambil keputusan, termasuk dalam memilih ide yang akan digunakan untuk menulis. Terlalu lama berpikir tentang menarik atau tidaknya ide menulis hanya akan membuatmu membuang-buang waktu. Pada akhirnya kamu juga akan kehilangan banyak kesempatan untuk berkembang lebih cepat.

 

Cara Mengatasi Ragu Terhadap Ide Menulis

Merasa ragu terhadap ide yang ditemukan memang perkara yang wajar. Akan tetapi bila hal semacam ini terjadi berulang kali, kamu harus segera mengatasinya.

Meragukan ide yang kamu miliki hanya akan menghambat kegiatan menulismu. Oleh karenanya kamu perlu mencoba beberapa cara mengatasi ragu terhadap ide menulis berikut ini.

 

1. Lebih Percaya Diri

Ketika merasa ragu terhadap ide menulis, cobalah untuk membangun pikiran-pikiran yang positif. Kamu harus fokus pada keinginanmu untuk mendapatkan kualitas tulisan yang baik. Coblah menjadi lebih percaya diri sebab keraguan akan mudah dihilangkan dengan memikirkan berbagai hal positif.

Sebenarnya keraguan bersumber dari pikiran-pikiran berlebihan dan tidak rasional. Jika kamu merasa bahwa keraguan tersebut datang karena alasan yang tidak masuk akal, maka cobalah untuk mengabaikan pemikiran tersebut dan percayalah jika ide yang kamu temukan tidak akan menjadi buruk.

Dalam menumbuhkan kepercayaan diri saat merasa ragu, kamu harus mengurangi keinginan untuk menjadi sempurna. Sebab keinginanmu tersebut hanya akan membuatmu takut mencoba. Kamu pasti jadi takut jika tulisan yang dihasilkan tidak bisa perfect. Pada akhirnya kamu justru tidak jadi menulis karena bad mood setelah lama mempertimbangkan apakah harus menggunakan ide tersebut atau tidak. Ingatlah bahwa tidak ada karya yang seratus persen sempurna, jadi tak masalah bila kamu mempunyai sedikit kekurangan dalam karya itu.

 

2. Tinggalkan Ide yang Diragukan dan Carilah Ide Baru

Langkah kedua ini akan lebih banyak menyita waktumu, bukan? Namun, bila sulit membangun rasa percaya diri saat akan menggunakan ide menulis, sebaiknya tinggalkanlah ide tersebut. Carilah ide lain yang lebih fresh dan menurutmu sudah lebih baik daripada sebelumnya.

Seperti yang telah diketahui jika keragu-raguan tidak akan berdampak baik. Hal ini karena pada saat ragu kamu akan sulit untuk berfikir fokus. Alhasil, tulisan yang dihasilkan pun jadi kurang berkualitas.

Oleh karenanya segera tinggalkan ide yang kamu ragukan agar pikiranmu tidak semakin ruwet hanya karena permasalahan sepele. Hal ini akan lebih baik daripada kamu terus-terusan merasa bimbang. Toh pada akhirnya kamu tidak akan menyukai ide tersebut, bukan?

Keraguan akan membuatmu sulit mengembangkan ide menulis. Jadi bila tak berhasil membangun rasa percaya diri, ada baiknya kamu tidak memaksakan diri untuk mengeksekusinya. Apabila khawatir terhadap risiko yang akan diterima saat memakainya, lupakan saja ide tersebut dan sebagai gantinya kamu dapat menggunakan ide lain yang dianggap lebih potensial.

 

3. Membaca Referensi yang Berkaitan

Cara mengatasi ragu terhadap ide menulis yakni dengan banyak membaca referensi yang berkaitan dengan ide tersebut. Mungkin kamu merasa bahwa ide yang dimiliki tidak bisa dieksekusi dengan baik, takut tidak dapat mengembangkan ide itu menjadi tulisan yang menarik, atau karena berpikir bila ide tersebut tidak berkualitas.

Nah, ternyata membaca referensi yang berkaitan akan membantumu mengatasi permasalahan ragu terhadap ide menulis lho. Dengan membaca hal-hal terkait  kamu akan menemukan pengetahuan dan informasi baru, yang tentunya dapat membantumu dalam mengembangkan ide yang sempat diragukan.

Jika orang lain saja bisa menggunakan ide mereka sebagai bahan tulisan, lantas mengapa kamu tidak? Mengapa kamu justru meragukannya dan merasa bahwa ide yang kamu miliki tidak akan berguna?

Mulai sekarang coba imbangi kegiatan menulismu dengan membaca banyak referensi. Kegiatan ini akan benar-benar memudahkanmu dalam mengeksekusi ide. Jangan berlebihan dalam meragukan ide menulis. Meskipun sepele, tetapi hal ini akan menghambat perkembangan menulismu lho.

Karenanya sekarang kamu harus membiasakan diri untuk membaca banyak referensi yang berkaitan dengan idemu. Dengan begitu kamu akan lebih mudah dalam mengembangkan ide menulis dan membuatnya menjadi menarik.

 

4. Gunakan Teknik 3K (Keinginan, Keyakinan, dan Kemampuan)

Seberapa sering kamu merasa ragu terhadap ide yang dimiliki? Pasti kamu merasa terganggu dengan rasa ragu ini, kan? Namun, kamu tidak perlu mencemaskannya karena cara mengatasi ragu terhadap ide menulis bisa dengan menggunakan teknik 3K, yaitu keinginan, keyakinan, dan kemampuan.

Saat kamu merasa ragu terhadap ide menulis, tulislah kembali ide-ide tersebut pada buku catatan. Kamu juga dapat menambahkan ide lain sebagai bahan pertimbangan. Nah, setelah semua ide yang kamu temukan berada pada kertas yang sama, bacalah kumpulan ide tersebut secara berulang.

Setelah itu kamu bisa mulai berkompromi dengan hati dan pikiranmu untuk mengambil keputusan. Pertama, kamu perlu memilih ide sesuai dengan keinginan. Mana ide yang mau kamu gunakan sebagai bahan tulisan. Jika menurutmu ide yang dipilih memang sudah sesuai dengan keinginanmu, kamu tidak perlu ragu lagi untuk menggarapnya. Biasanya menggunakan ide yang disukai akan memudahkanmu dalam menggarap tulisan.

Kedua, kamu bisa memilih ide berdasarkan keyakinan hati. Apabila kamu yakin ide yang terpilih bisa dieksekusi dengan baik dan maksimal, maka tak perlu ragu lagi untuk menggunakannya. Biasanya kamu akan memilih ide yang paling mudah dan gampang digarap, kan? Ketika kamu merasa nyaman, pasti akan lebih mudah bagimu untuk mengembangkan ide tersebut menjadi tulisan yang menarik. Jadi, pastikan dulu kamu tidak terpaksa untuk menggunakan ide tersebut.

Dan yang terakhir yakni memilih ide berdasarkan kemampuan. Di mana kamu juga perlu memilih ide berdasarkan kemampuan yang dimiliki. Apabila menurutmu tema ataupun ide yang akan dikembangkan terasa berat dan tampak rumit, maka kamu dapat meninggalkannya.

Akan tetapi bila kamu merasa mampu menggarapnya karena referensi terkait ide tersebut mudah ditemukan, maka kamu bisa langsung memanfaatkannya sebagai ide pokok menulis. Pada umumnya menulis sesuai dengan kemampuan akan membuatmu lebih mudah menyusun kata-kata yang tepat. Sehingga tulisan yang dihasilkan menjadi menarik.

 

Sebenarnya kamu tidak perlu meragukan ide yang dimiliki. Menulislah selagi kamu sudah mendapatkan ide. Nikmati prosesnya dan perbaikilah apabila hasilnya tidak seperti yang kamu bayangkan.

Tidak ada ide yang salah, tetapi pemikiran-pemikiran negatifmu itulah yang membuatnya tampak salah dan kurang menarik untuk digunakan. Jadi, cobalah untuk memilih salah satu cara mengatasi ragu terhadap ide menulis ini agar kamu bisa tetap berkarya setiap hari. Gunakanlah cara yang menurutmu paling tepat dan tidak menyulitkanmu.

 

No comments for "4 Cara Mengatasi Ragu Terhadap Ide Menulis, Gunakan Teknik 3K!"

close