4 Cara Mengatasi Malas Menulis Termudah dan Efektif, Sudah Pernah Coba?

 



 Penulis: Keza Felice

Rasa malas sudah menjadi permasalahan paling umum yang sering kali mengganggu aktivitas kita, termasuk saat kamu mempunyai agenda menulis. Jika tidak diatasi dengan cara yang tepat, kamu justru akan menjadi bad mood dan kehilangan banyak kesempatan untuk menghasilkan karya yang berkualitas. Lantas seperti apa cara mengatasi malas menulis yang paling mudah?

Meskipun malas menulis itu normal, tetapi bila diterus-teruskan justru akan semakin menjadi-jadi. Pada akhirnya kamu tidak akan mengalami kemajuan, yang berarti karyamu tidak bertambah, tidak banyak pembaca, dan peluang mendapatkan penghasilan juga semakin kecil.

Cara Mengatasi Malas Menulis Termudah dan Efektif

Ketika memiliki impian menjadi penulis profesional dan mempunyai banyak karya yang berkualitas, kamu harus lebih sering berlatih. Jangan terlalu fokus pada hasil yang akan didapatkan karena hal tersebut akan semakin membuatmu merasa malas. Banyak mencoba akan menjadikan kemampuan menulismu semakin berkembang. Secara tidak langsung, karya yang dihasilkan pun akan semakin baik dan kualitasnya akan meningkat.

Namun, bila kamu menganggap kegiatan menulis sebagai beban, maka kamu akan merasa semakin sulit untuk menghasilkan karya. Padahal, menulis bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan sangat bermanfaat untuk kehidupan. Jadi kamu tidak perlu takut berlebihan apalagi sampai malas-malasan dalam menulis. Berikut beberapa cara mengatasi malas menulis yang paling mudah!

 

1. Luangka Waktu Mencari Ide

Kebanyakan munculnya rasa malas sebelum menulis disebabkan oleh kurangnya ide. Tak heran bila akhirnya kamu menjadi bad mood, lelah, dan bosan terhadap kegiatan menulis.

Sebebarnya mencari  ide menulis sangatlah mudah dan tidak akan menghabiskan banyak waktu. Kamu bisa memanfaatkan panca indra dan kepekaanmu terhadap lingkungan sekitar untuk menemukan ide-ide baru mulai dari yang paling sederhaa hingga yang cukup menantang untuk dieksekusi.

Jadi, bila kamu malas menulis dengan alasan tidak punya ide, rasanya hal tersebut sangat merugikan. Permasalahan ini sangat gampang diatasi dan seharusnya tidak dijadikan sebagai alasan untuk menunda kegiatan menulis.

Percayalah bahwa untuk menjadi penulis yang profesional dan terkenal membutuhkan kerja keras dan waktu yang tidak sedikit. Nah, untuk langkah pertama ini kamu harus meluangkan waktu dan mencoba menemukan ide sebanyak-banyaknya walaupun tidak semua ide harus digunakan. Kamu bisa menuliskan ide-ide tersebut pada buku catatan ataupun aplikasi microsoft word di ponselmu.

Kamu bahkan dapat mengunjungi beberapa situs berita yang cukup populer untuk menemukan referensi ide lainnya. Dengan begini kamu akan lebih mudah mendapatkan semangat menulis karena salah satu hambatannya sudah teratasi.

 

2. Temukan Keunikanmu Sendiri

Perlukah menemukan keunikanmu untuk menunjang berlangsungnya kegiatan menulis? Langkah ini merupakan cara mengatasi malas menulis termudah yang bisa kamu terapkan. Misalnya dengan menggunakan makeup atau berhias diri, merapikan rambut, menyiapkan camilan, dan menggunakan wewangian. Memang terkesan sedikit aneh karena menulis sama sekali tidak berhubungan dengan beberapa hal tersebut.

Namun demikian, cara ini sangat membantu untuk menumbuhkan semangat dalam dirimu. Dengan kondisi yang sudah rapi dan wangi, kamu pasti akan lebih mudah mengalahkan rasa malas sehingga apa yang telah dilakukan tidak sia-sia. Perlu diingat bahwa setiap penulis mempunyai keunikan yang berbeda-beda sehingga kamu tidak perlu memaksa untuk melakukan seperti yang telah dicontohkan.

Oleh sebab itulah kamu perlu mengetahui seperti apa keunikan dalam dirimu yang bisa membantu menumbuhkan semangat menulis. Bisa jadi kamu justru lebih senang bila menulis sambil ditemani kucing peliharaan, akan lebih semangat setelah melakukan selfie, atau tidak malas lagi setelah mandi dan berpakaian rapi. Semua dapat kamu coba selama hal tersebut tetap positif dan mendukungmu untuk semangat menulis.

 

3. Mendengarkan Musik

Mungkin kamu sudah sering mendapatkan masukan dari orang-orang terdekat bila mendengarkan musik merupakan cara mengatasi malas menulis. Akan tetapi apakah kamu sudah mencobanya?

Mendengarkan musik dapat membuat suasana hatimu menjadi lebih baik. Hal ini berlaku untuk setiap kali kamu mendengarkan musik favorit dan yang benar-benar kamu suka. Selain itu kamu juga dapat memutar lagu yang energik sehingga pikiran akan menjadi lebih fresh dan tanpa disadari hal tersebut dapat memberikan dorongan agar kamu “cepat gerak”. Dalam hal ini yaitu melakukan kegiatan menulis yang sudah menjadi agenda harianmu.

Kamu bahkan bisa menyesuaikan genre musik yang ingin didengarkan dengan jenis tulisan yang sedang digarap. Misalnya, mendengarkan musik bergenre religi saat menulis novel bernuansa islami, memilih musik instrumen horor bila sedang menggarap karya bergenre horor, atau mendengarkan dangdut koplo supaya semangat ketika menulis karya-karya lainnya.

Sangat sederhana memang, tapi tidak banyak yang mampu menerapkannya dan menganggap kegiatan seperti ini sangat membosankan. Padahal, kamu justru akan mendapatkan semangat baru setelah mendengarkan lagu favorit. Apabila kamu tidak bisa menulis sambil mendengarkan musik, maka luangkan dulu waktumu selama beberapa menit untuk mendengarkan lagu-lagu pilihan. Kemudian, lakukanlah agenda menulis setelah suasana hatimu membaik.

 

4. Menetapkan Target, Deadline, dan Hukuman

Cara mengatasi malas menulis yang cukup efektif untuk membuatmu semangat adalah dengan menetapkan target dan deadline. Kamu juga perlu menentukan hukuman yang akan didapatkan bila tidak mampu mencapai target sesuai dengan deadline yang sudah ditetapkan.

Langkah ini dapat kamu lakukan bersama teman terdekat. Libatkanlah mereka yang kamu yakini mampu memberikan dukungan. Kamu bisa memintanya memberikan tantangan sekaligus menentukan hukuman tertentu bila kamu tidak berhasil mencapai target menulis yang sudah dibuat.

Dengan begitu kamu akan lebih bersemangat melakukan kegiatan menulis walaupun terkadang merasa lelah karena sudah melakukan banyak aktivitas selama seharian. Pastinya kamu tidak ingin mendapatkan hukuman karena bermalas-malasan, kan? Karenanya kamu jadi tidak lagi peduli dengan rasa malas. Yang ada dalam pikiranmu hanyalah “menulis” dan bagaimana menyelesaikan karya sesuai dengan deadline dan juga target yang sudah ditetapkan sebelumnya.

 

Meskipun sangat sederhana, tetapi beberapa tips mengatasi malas menulis ini masih banyak yang tidak diterapkan. Kebanyakan hanya memandang berbagai tips ini sebagai kegiatan sepele dan tidak berpengaruh dalam kegiatan menulis.

Padahal, bila memang dicoba dengan kesungguh-sungguhan kamu pasti akan menemukan semangat baru. Dengan begitu akan mudah bagimu mengalahkan rasa malas. Sebab sebenarnya rasa malas itu kamulah yang menciptakannya, kamu pula yang merawatnya hingga tubuhmu enggan diajak berkompromi untuk melakukan kegiatan-kegiatan penting.

Jadi, cobalah untuk menerapkan beberapa cara mengatasi malas menulis sesuai dengan kondisimu saat ini. Jangan terlalu lama menunda karena hal tersebut akan semakin menghambatmu untuk menjadi penulis yang produktif, berkualitas, dan profesional.  

 

 

 

 

 

 

Jadi sudah berapa banyak waktu yang kamu gunakan? Apakah kamu sudah bekerja keras untuk menjadi seorang penulis profesional?

 

No comments for "4 Cara Mengatasi Malas Menulis Termudah dan Efektif, Sudah Pernah Coba?"

close