4 Cara Agar Mudah Menulis Setiap Hari dan Menjadikannya Sebagai Kegiatan Menyenangkan

 




Penulis: Keza Felice 

Apakah kamu merasa bahwa menulis adalah kegiatan yang menyenangkan? Atau justru masih sering tertekan dengan tanggung jawab untuk terus menghasilkan karya? Ada cara agar mudah menulis setiap hari dan menjadikan kegiatan tersebut terasa menyenangkan untuk ditekuni.

Bagi sebagian orang menulis menjadi salah satu metode untuk menyalurkan minat, hobi, bakat, bahkan menjadikannya sebagai profesi. Karenanya menulis menjadi kegiatan menyenangkan yang dalam prosesnya perlu dinikmati tanpa merasa tertekan ataupun terbebani.

Cara Agar Mudah Menulis Setiap Hari dan Menjadikannya Terasa Menyenangkan

Menulis bukan sekadar menuangkan ide dalam susunan kalimat yang rapi dan terstruktur. Akan tetapi juga memberikan pandangan lain ataupun inspirasi kepada para pembaca. Tak heran bila banyak yang berpandangan bahwa kegiatan menulis sangatlah membosankan. Hal tersebut sering kali dikarenakan adanya pemikiran tentang ‘kewajiban’ memberikan karya terbaik untuk dipublikasikan dan tidak boleh melakukan setitik kesalahan.

Memang benar bila sebaiknya sebagai penulis kita memberikan karya-karya terbaik sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Namun demikian, sebaiknya tidak menjadikan hal tersebut sebagai beban yang akhirnya hanya akan membuatmu merasa berat dalam berpikir.

Masih ada cara agar menulis menjadi kegiatan menyenangkan dan membuatmu ketagihan. Akan tetapi hal tersebut membutuhkan usaha dan perjuangan untuk bisa konsisten menulis setiap hari. Berikut ini beberapa cara yang dapat kamu terapkan agar kegiatan menulis jadi terasa menyenangkan dan semakin mudah dilakukan.

 

1. Menyelesaikan Setiap Tulisan yang Sudah Dibuat

Pernahkah kamu merasa semakin berat untuk melanjutkan kegiatan menulis karena adanya karya-karya yang belum sempat terselesaikan? Tekanan semacam ini wajar saja bermunculan ketika kamu mempunyai tanggungan yang belum dituntaskan. Oleh sebab itu, untuk menjadikan menulis sebagai kegiatan yang mudah dan menyenangkan, kamu harus segera menyelesaikan atau menuntaskan apa yang telah dibuat sebelumnya.

Misalnya kamu menulis satu novel, maka segera selesaikan novel tersebut terlebih dahulu sebelum membuat novel lainnya. Atau ketika kamu membuat cerpen, maka segeralah membuatnya sampai ending sehingga kamu bisa merasa lega dan bebas menulis karya lain yang sudah ditargetkan. Sebab tidak semua orang mampu menggarap dua pekerjaan sekaligus dalam satu kali pemikiran. Oleh karenanya menyelesaikannya satu per satu tanggungan menulis menjadi cara yang baik agar kamu tidak merasa tertekan dengan kegiatan menulis.

Bukan hanya itu saja, apabila kamu tidak langsung menyelesaikan karya tersebut bisa saja ide yang dimiliki justru tercampur dengan ide untuk karya lainnya. Dan ide akan tetap menjadi ide bila kegiatan menulismu tidak segera dirampungkan. Karenanya segeralah menyelesaikannya agar karyamu dapat menjadi sesuatu yang menginspirasi banyak pembaca.

Setiap penulis tentu akan merasa bangga dan bahaga bila berhasil merampungkan karyanya. Apalagi bila karya tersebut mendapatkan apresiasi dan dukungan dari para pembaca. Beban berpikir pun semakin berkurang karena tidak ada lagi ide menumpuk di dalam draft menulis. Tentunya hal tersebut akan membuatmu merasa senang dan kembali bersemangat untuk membuat karya tulis yang baru lagi.

 

2. Menetapkan Waktu Menulis Secara Khusus

Setiap penulis mempunyai konsekuensi tersendiri ketika mulai menekuni kegiatan menulis, termasuk juga denganmu. Baik menjadi freelance ataupun penulis yang telah dikontrak dengan target dan tuntutan tertentu, semuanya berpotensi untuk membuatmu harus tetap bertanggung jawab dalam berkarya.

Salah satunya yakni dengan menentukan waktu menulis secara khusus. Meskipun kamu bukan penulis kontrak yang terikat dengan media tertentu, tetapi adanya waktu menulis akan membuatmu menjadi lebih produktif.

Kegiatan menulis bukan sekadar tentang kapan dan di mana harus menulis dan memublikasikan karya. Akan tetapi juga bagaimana kamu bisa menggunakan waktu dengan efektif agar bisa menghasilkan tulisan berkualitas. Sudah semestinya kamu disiplin waktu agar aktivitas menulis tidak menjadi beban pikiranmu ketika sedang melakukan kegiatan lainnya.

Dengan sikap disiplin inilah kamu akan lebih mudah menghasilkan karya dengan maksimal. Perasaan pun akan menjadi lebih tenang karena tanggung jawabmu dalam menghasilkan karya sudah terpenuhi untuk hari tersebut. Sehingga besok kamu bisa kembali menghasilkan karya baru pada waktu yang telah dijadwalkan.

 

3. Menciptakan Motivasi untuk Diri Sendiri

Menciptakan motivasi menjadi cara agar mudah menulis setiap hari. Meskipun masih dianggap sebagai hal sepele, tetapi motivasi yang timbul dari dalam diri sendiri akan menjadikanmu semakin  bersemangat untuk melakukan kegiatan menulis.

Contoh motivasi menulis yang mungkin perlu kamu pertimbangkan yaitu seperti: agar bisa mendapatkan penghasilan dari menulis, menjadi juara tingkat kabupaten, menjadi penulis terkenal dan profesional, atau lain sebagainya. Mempunyai motivasi sedemikian rupa tak bermasalah bagimu selagi tidak hanya menjadikannya sebagai angan-angan saja.

Setiap orang mempunyai prioritas yang berbeda-beda untuk memotivasi diri sendiri. Termasuk juga ketika kamu menentukan motivasi untuk menyelesaikan tulisan yang sudah dimulai. Oleh karenanya perlu sekali untuk menentukan motivasi diri bila memang ingin segera menulis dan menjadikan kegiatan tersebut terasa menyenangkan.

 

4. Bagikan Karya yang Sudah Ditulis

Menulis bisa terasa sangat menyenangkan bila karya yang sudah kamu hasilkan bisa dijangkau oleh banyak orang. Kamu bisa membagikan karya yang sudah dipublikasikan di media sosial seperti status WhatsApp, facebook, feed & story Instagram, atau beberapa media lainnya.

Dengan begitulah tulisan yang kamu bagikan akan ditemukan oleh para pembacanya. Dan mereka yang membaca karyamu akan tahu bagaimana kulitas tulisan yang kamu miliki. Bahkan tak sedikit dari mereka yang turut memberikan dukungan melalui komentar-komentar yang membangun.

Jelas hal sederhana seperti itu bisa membuatmu merasa bangga karena tulisan yang kamu buat dengan usaha keras bisa bermanfaat dan dinikmati oleh banyak orang. Secara tidak langsung kamu akan merasa bahwa menulis merupakan kegiatan yang menyenangkan. Kamu juga dapat terhubung langsung dengan para pembaca, tim penerbitan, atau dengan penulis-penulis yang kamu idolakan.

 

 

Beberapa cara agar mudah menulis ini akan membuatmu selalu bersemangat dalam berkarya. Dengan cara sederhana seperti ini juga bisa membuatmu mengerti bahwa menulis bukanlah hal membosankan dan menekan. Akan tetapi menulis merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk ditelateni. Selain bermanfaat untuk dirimu sendiri, tulisan yang kamu hasilkan juga akan berguna untuk orang yang membacanya. Jadi jangan merasa terbebani lagi dengan hobi yang kamu miliki, ya!

No comments for "4 Cara Agar Mudah Menulis Setiap Hari dan Menjadikannya Sebagai Kegiatan Menyenangkan"

close