8 Tips Meningkatkan Kemampuan Menulis Bagi Pemula

  



 Penulis: Keza Felice

Hampir setiap penulis ingin meningkatkan kemampuan menulis agar karya yang dihasilkan dapat menjadi semakin baik dari hari ke hari. Berbagai tips meningkatkan kemampuan menulis pastinya sudah pernah kamu terapkan. Akan tetapi apakah kemampuanmu sudah meningkat setelah menerapkannya? Apabila hasilnya masih belum sesuai dengan yang  diharapkan, maka berusahalah terus menerus sehingga lambat-laun kemampuanmu akan bertambah.

Menulis merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan, tapi juga memerlukan kesabaran. Bahkan kamu juga bisa menjadikan menulis sebagai pekerjaan sampingan yang dapat memberikan banyak keuntungan dan penghasilan. Namun, tentu saja kamu butuh berusaha sebelum menikmati hasil yang mengiurkan tersebut. Kamu harus membiasakan diri untuk menulis sehingga kemampuanmu akan meningkat seiring banyaknya jumlah tulisan yang dihasilkan.

Tips Meningkatkan Kemampuan Menulis

Jika kamu ingin meningkatkan kemampuan menulis, berusahalah untuk mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan kepenulisan. Membaca merupakan salah satu kunci agar karya yang  kamu hasilkan dapat  berkualitas. Dengan membaca kamu akan mengetahui berbagai hal yang diperlukan ketika mulai menulis. Bukan hanya itu saja, masih ada beberapa cara lain yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan menulis, seperti beberapa tips berikut ini.


1. Membaca dengan Antusias

Salah satu tips meningkatkan kemampuan menulis yang dapat kamu lakukan yaitu membaca dengan antusiasme yang tinggi. Kamu dapat membaca berbagai karya-karya tentang kepenulisan dari penulis-penulis yang telah memiliki ‘nama’. Hal tersebut akan sangat membantumu untuk memahami beberapa informasi penting yang cocok digunakan ketika mulai meulis.

Dari membaca kamu akan menambah banyak ilmu sehingga dapat membantumu dalam meningkatkan imajinasi ketika menulis. Bahkan dengan membaca kamu juga dapat menemukan banyak kiasan atau kalimat-kalimat yang menarik dan menginspirasi yang belum pernah kamu ketahui sebelumnya. Dengan begitu kamu akan mendapatkan banyak imajinasi yang menarik dan juga ide-ide baru untuk menulis.

 

2. Memahami Dasar Kepenulisan

Salah satu hal penting yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan menulis yaitu dengan memahami dasar-dasar kepenulisan. Kamu dapat memahami tentang dunia kepenulisan dengan aktif dan baik. Bahkan kamu juga dapat memahami unsur kepenulisan yang baku ataupun tidak baku. Dengan mempelajari dasar kepenulisan kamu jadi lebih mudah memahami dan membedakan berbagai unsur kepenulisan yang benar dan mana yang salah. Sehingga ketika menulis kamu bisa menerapkannya atau justru menghindari berbagai hal yang kurang tepat. Sehingga karya yang kamu hasilkan akan menjadi berkualitas.

 

3. Menulis Sebanyak-banyaknya

Jika kamu ingin meningkatkan kemampuan menulis, kamu haru menulis sebanyak-banyaknya. Tulislah apa yang kamu pikirkan atau temukan sebagai ide utama dalam sebuah karya yang sedang kamu garap. Kamu dapat menyiapkan buku khusus untuk mencatat ide-ide yang ditemukan atau juga untuk menulis kata-kata atau kalimat yang sebelumnya tidak kamu pahami. Dengan begitu kamu bisa dengan mudah mempelajarinya untuk digunakan pada tulisanmu yang berikutnya.

Pada intinya kamu harus langsung menulis dan jangan sampai menunda-nunda kegiatan tersebut jika ingin meningkatkan kemampuan menulis. Dengan begitulah kamu akan menambahkan informasi atau pengetahuan melalui tulisan untuk para pembaca karyamu. Yang secara tidak langsung, karyamu akan semakin berubah dan berkembang menjadi lebih baik dari sebelumnya.

 

4. Cobalah Merangkum Artikel yang Panjang

Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan menulis yaitu dengan mencoba membuat rangkuman dari artikel yang panjang. Kamu dapat mencari artikel dengan judul menarik dan bacalah dengan cermat. Carilah artikel yang isinya cukup panjang sehingga kamu dapat mencoba membuat rangkumannya menggunakan bahasamu sendiri tanpa mengurangi atau menghapus informasi utama yang terdapat dalam artikel tersebut.

 

5. Mengatur Jadwal Khusus untuk Menulis

Kamu harus ingat bahwa menulis bukanlah suatu kegiatan yang sangat gampang. Dibutuhkan banyak usaha untuk bisa menjadi penulis yang sukses. Nah, sebenarnya kemampuan menulis ini bukanlah suatu keahlian yang bisa dengan mudah meningkat dan berkembang hanya dengan satu atau dua kali latihan. Oleh karenanya kamu membutuhkan waktu khusus untuk melatih kemampuan menulismu.

Usahakan untuk bisa menulis setiap hari walaupun karya yang kamu tuliskan tidak terlalu panjang. Semakin banyak jam terbang menulis yang kamu miliki, maka dengan sendirinya kemampuanmu akan semakin bertambah. Kamu  juga akan semakin mudah dan terbiasa dalam merangkai kata-kata. Sehingga kamu tidak akan merasa terbebani atau kesulitan dengan kegiatan menulis.

 

6. Bergabung dengan Komunitas Menulis

Cara selanjutnya yang bisa kamu tempuh yakni dengan bergabung dengan komunitas-komunitas kepenulisan baik offline ataupun online. Hal ini sangat bermanfaat dan berguna bagimu sebab di komunitas tersebutlah kamu akan mendapatkan banyak pengetahuan tentang kepenulisan. Kamu juga bisa mendapatkan trik atau tips yang diberikan oleh mentor ataupun pemateri-pemateri undangan yang sengaja dihadirkan untuk mengisi kelas grup kepenulisan tersebut. Selain itu kamu juga bisa mendapatkan bimbingan secara gratis ketika menjadi salah satu anggota grup.

Kamu bisa mencari grup kepenulisan melalui facebook atau instagram. Nah, kamu juga harus pandai-pandai dalam memilih grup kepenulisan sehingga kedepannya kamu tidak akan merasa dirugikan. Bacalah dengan teliti detail jumlah member dan juga status grup tersebut bila berada di facebool. Jika dirasa kamu sudah cocok untuk menjadi anggota, maka carilah nomor penanggung jawab ataupun admin yang bisa menjadikanmu sebagai salah satu anggota di grup WhatsApp.

 

7. Mengikuti Seminar Online

Dengan mengikuti seminar online kamu bisa lebih banyak mendapatkan ilmu tentang kepenulisan. Biasanya penyelenggara seminar akan memberikan informasi terkait tema yang akan dipaparkan oleh pemateri. Karena itulah kamu bisa mengikuti seminar tersebut dan mencatat berbagai informasi yang diterima saat acara berlangsung. Dalam acara tersebut  kamu juga dapat bertanya kepada pemateri atau tamu undangan grup terkait isi materi yang dijelaskan, sehingga kamu tidak akan merasa bingung terhadap hal-hal yang tidak kamu pahami.

Tentunya mengikuti seminar online akan membantumu mendapatkan wawasan yang lebih banyak, mendapatkan teman-teman  baru, dan juga informasi bermanfaat tentang kepenulisan lainnya. Dan kemampuan menulismu bisa meningkat jikalau kamu bisa menerapkan ilmu yang telah dibagikan oleh pemateri seminar.

 

8. Perhatikan Mood

Hal yang terakhir ini berkaitan dengan bagaimana kamu mengatur mood untuk menulis. Kapan terakhir kali kamu merasa nyaman untuk menulis dan apakah kamu bisa konsisten menulis? Biasanya ada berbagai hal yang dapat membuat suasana hatimu menjadi buruk sehingga kamu malas menulis. Oleh sebab itulah kamu harus memperhatikan apa saja penyebab rusaknya mood yang kamu rasakan.

Nah, kamu bisa menggunakan waktu di mana moodmu sudah membaik. Carilah suasana yang memang menenangkan untuk pikiranmu. Dengan begitu kamu akan lebih mudah untuk menuangkan ide-ide yang dimiliki ke dalam tulisan.

 

Beberapa tips meningkatkan kemampuan menulis ini mungkin sudah kamu ketahui sebelumnya. Akan tetapi sudahkah kamu mencoba menerapkannya untuk mengembangkan kualitas karyamu? Mulai sekarang berusahalah lebih banyak lagi untuk menerapkan berbagai informasi tentang tips kepenulisan yang kamu dapatkan. Dengan begitu lambat-laun kemampuan menulismu pasti akan meningkat.

No comments for "8 Tips Meningkatkan Kemampuan Menulis Bagi Pemula"

close