4 Cara Menghasilkan Uang dari Menulis Termudah, Tertarik Mencoba?

 



 Penulis: Keza Felice

Pernahkah kamu berpikir bagaimana cara menghasilkan uang dari menulis? Ternyata pertanyaan tersebut bukanlah suatu hal yang mustahil terjadi. Saat ini sudah banyak ditemukan pekerjaan yang berkaitan dengan menulis. Di antaranya menjadi admin media sosial suatu penerbitan, editor, proofreader, penanggung jawab event, content writer, dan masih banyak lagi lainnya.

Hal tersebut membuktikan bahwa saat ini menulis bukan hanya sekadar hobi, tetapi juga dapat menjadi salah satu sumber penghasilanmu. Kegiatan menulis bukan hanya menjadi media mengekspresikan diri dan pikiran, tetapi juga dapat membantumu mendapatkan pundi-pundi rupiah.


Cara Menghasilkan Uang dari Menulis Termudah

Kegiatan menulis akan membuatmu lebih mudah dikenali oleh banyak orang. Selain itu kamu juga berkesempatan untuk mendapatkan wawasan serta pengalaman lebih banyak daripada sebelumnya. Menjadi penulis secara tidak langsung telah menuntutmu untuk merangkap sebagai seorang pembaca. Yang artinya kamu akan mendapatkan banyak pengetahuan baru dalam proses kepenulisan dengan membaca banyak literatur.

Apabila tulisanmu dapat bermanfaat dan berguna untuk orang lain, tentu hal tersebut dapat menjadi nilai plus untukmu. Perasaanmu pasti akan sangat senang, termasuk juga bila kecintaanmu dalam menulis bisa menghasilkan uang. Lantas bagaimana caranya agar hal tersebut bisa kamu dapatkan? Berikut berbagai cara yang dapat kamu lakukan.

 

1. Mengikuti Lomba Menulis Berhadiah Uang

Saat ini sudah tidak perlu bingung untuk mendapatkan uang dari kegiatan menulis yang kamu tekuni. Salah satu cara menghasilkan uang dari menulis termudah yang dapat dilakukan yakni dengan mengikuti perlombaan menulis yang menyediakan hadiah berupa uang tunai.

Tentu kamu bisa mendapatkan informasi perlombaan ini dari berbagai sumber, seperti instagram, facebook, atau website resmi lingkar penulis. Saat ini memang sudah tidak sulit untuk menemukan cabang perlombaan yang menyediakan hadiah menggiurkan. Kamu bahkan dapat memilih perlombaan mana saja yang hendak diikuti.

Akan tetapi kamu juga harus bertaruh dengan kemampuan yang kamu miliki. Dalam artian, kamu harus berusaha dengan maksimal dan terus belajar dengan giat supaya bisa mengalahkan para peserta lain dan keluar sebagai sang juara. Dengan begitu kamu akan mudah untuk mendapatkan uang dari menulis.

Pilihlah perlombaan yang memang kamu yakini dapat mengikutinya dengan baik. Atau kamu juga berhak untuk menantang diri agar bisa lebih berani mencoba banyak perlombaan, bahkan yang terkesan sulit. Sehingga kesempatan mendapatkan hadiah uang tunai akan semakin dekat denganmu.

 

2. Mengirimkan Tulisan ke Platform Berbayar

Seberapa sering kamu mengunjungi platform berbayar melalui penelusuran Google? Jika kamu ingin mendapatkan uang dari menulis, sebaiknya saat ini kamu lebih rajin lagi untuk mencari platform yang bersedia membayar tulisan.

Sudah banyak ditemukan website ataupun platform menulis online yang bersedia membayarmu dengan beberapa ketentuan. Sudah tentu setiap platform mempunyai peraturan yang berbeda-beda. Oleh karenanya kamu harus memahaminya terlebih dahulu sebelum mengirimkan tulisan.

Kamu dapat mengirimkan tulisan berupa cerpen, puisi, dan juga artikel. Kenali terlebih dahulu platform mana yang ingin dituju sehingga kamu bisa menuliskan sebuah karya yang sesuai dengan ketentuan yang mereka gunakan. Misalnya dengan menulis di IDN Times, Takaitu, Brilio, Ramarima, dan masih banyak platfrom menulis online berbayar yang dapat membantumu untuk mendapatkan penghasilan.

Bahkan saat ini sudah banyak website yang mencari freelancer content writer untuk dibayar per artikel yang berhasil diterbitkan.  Penulisan artikelnya juga beragam kategori, mulai dari kisah inspiratif, kesehatan, kecantikan, game, aplikasi, dan lain sebagainya. Semua itu tergantung dari peraturan yang sudah ditetapkan oleh masing-masing website.

Sedangkan bayaran yang diberikan untuk setiap tulisan yang berhasil kamu kirimkan juga sangat beragam. Mulai dari ribuan sampai dengan ratusan ribu rupiah. Dan hal seperti ini bukan mustahil untuk didapatkan selama kamu berusaha dengan maksimal dan patuh terhadap syarat dan ketentuan yang berlaku.

 

3. Menulis Novel

Menulis novel bisa menjadi cara menghasilkan uang dari menulis. Ini sangat mudah dilakukan jika kamu memang bertekad untuk mempunyai penghasilan dari menulis. Menulis novel memang membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama. Akan tetapi kamu akan merasakan hasilnya secara langsung setelah naskah yang kamu selesaikan berhasil diterbitkan.

Oleh karenanya bagi kamu yang memang menyukai kegiatan menulis novel, tekunilah aktivitasmu itu dan jangan mudah menyerah karena tidak langsung mendapatkan hasilnya secara instan. Sebagai langkah penunjang untuk lebih dikenal dan disukai oleh banyak pembaca, kamu dapat mengunggah karyamu ke platform yang memang menerima kiriman naskah novel.

Nikmatilah prosesnya sambil terus mempromosikan karya yang sedang ditulis. Sehingga kelak ketika novelmu diterbitkan, akan banyak pembaca yang mengenalinya. Sehingga karyamu berkesempatan untuk dibeli oleh banyak orang.

Namun, bila kamu ingin mendapatkan hasil dari menulis novel dalam waktu yang cepat, cobalah untuk mengajukan naskah yang kamu unggah menjadi premium. Fasilitas seperti ini kini dapat ditemukan pada beberapa platform menulis novel. Kamu tinggal mencari platform mana yang sesuai dengan genre naskahmu. Pastikan juga agar selalu mengikuti syarat dan ketentuan yang ditetapkan, ya! Dengan begitu kamu akan mudah mendapatkan uang dari menulis.

 

4. Ikut Challenge Menulis

Mengikuti challenge menulis menjadi cara menghasilkan uang dari menulis paling mudah dilakukan. Biasanya event seperti ini akan mudah ditemukan melalui media sosial seperti instagram dan facebook. Kamu dapat memilih challenge yang memang sesuai dengan kemampuanmu.

Biasanya event berupa challenge ini akan menantang penulis untuk menyelesaikan karyanya dalam waktu tertentu. Misalnya menyelesaikan novel dalam waktu 30 hari, menulis quotes selama 30 hari berturut-turut, dan masih banyak challenge menulis lainnya.

Untuk mendapatkan informasi challenge ini kamu bisa mengunjungi akun-akun penyedia informasi pelombaan. Salah satunya yaitu akun instagram @lingkarpenulis yang selalu memberikan update perlombaan terbaru dan terpercaya.

Ketika mengikuti challenge menulis pun penyelenggara akan menentukan media tertentu untuk mengunggah karyanya. Misalnya challenge quotes, cerita mini, puisi, biasanya penyelenggara akan memberikan ketentuan agar peserta mengunggah karyanya di instagram dan menyertakan tulisannya di caption. Dalam hal ini setiap penyelenggara mempunyai syarat dan ketentuan yang berbeda-beda. Jadi kamu tidak dapat menyamakannya satu sama lain.

Biasanya mereka juga menyediakan hadiah yang sangat menggiurkan, termasuk dengan memberikan hadiah berupa uang tunai. Jadi kamu hanya perlu memaksimalkan usaha saja untuk bisa menjadi juaranya.

 

Ternyata mendapatkan uang dari menulis tidak sesulit yang dibayangkan, kan? Kamu dapat menggunakan cara menghasilkan uang dari menulis yang telah dijelaskan di atas. Jadilah lebih berani untuk mencoba hal-hal baru, termasuk untuk menjadikan hobimu sebagai salah satu pekerjaan sampingan yang dapat memberikanmu pundi-pundi penghasilan. Semangat dan selamat mencoba!

 

 

 

No comments for "4 Cara Menghasilkan Uang dari Menulis Termudah, Tertarik Mencoba?"

close