3 Manfaat Membuat Sinopsis Beserta Ciri-cirinya yang Perlu Kamu Ketahui

 



 Penulis: Keza Felice

Sadarkah kamu jika sinopsis menjadi salah satu penunjang agar novel yang kamu tulis dapat diterima oleh penerbit? Manfaat membuat sinopsis novel sangat beragam yang mungkin tidak kamu pikirkan sebelumnya.

Sinopsis merupakan tulisan yang menggambarkan seluruh isi cerita dalam novelmu secara singkat tanpa ada yang ditutup-tutupi. Dalam pembuatannya, sinopsis ditulis tanpa menghilangkan unsur penting yang terdapat pada naskah. Biasanya setiap penerbitan mempunyai syarat dan ketentuan yang berbeda-beda untuk dipenuhi oleh para penulis yang ingin mengirimkan karyanya kepada mereka.

Selain itu sinopsis juga dapat diartikan sebagai ringkasan dalam bentuk narasi dari tulisan yang panjang, baik berupa karya fiksi ataupun non-fiksi. Atau juga sebagai ringkasan naskah yang dapat menggambarkan isi dari suatu buku, film ataupun pementasan.

Dalam membuat sinopsis novel kamu harus memperhatikan dua hal, yaitu menyampaikan isi naskah dengan baik dan harus menarik untuk dibaca. Adanya sinopsis bisa memberi gambaran umum terkait alur cerita atau juga poin-poin utama serta faktor penentu lainnya dari karya yang kamu tuliskan. Seperti genre, orang atau karakter, latar dan lain sebagainya.

Di sisi lain, sinopsis yang digunakan untuk dikirimkan pada penerbitan hendaknya menyertakan gambaran plot lengkap, penjelasan mendetail tentang tema, dan berbagai tanda perkembangan karakter dengan tidak bertele-tele.

Saat membuat sinopsis kamu juga harus menggambarkan tentang konflik dan penyelesaian masalah yang dilakukan oleh karakter dalam novelmu. Dengan begitu editor akan mudah memahami cerita seperti apa yang sudah kamu kembangkan dalam novelmu dan siapa saja tokoh-tokoh yang berperan di dalamnya.

 

Manfaat Membuat Sinopsis Novel yang Sangat Menggiurkan

Dengan pengertian seperti yang telah dipaparkan di atas, sinopsis tentu saja mempunyai fungsi ataupun manfaat. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Memberikan Gambaran Singkat

Sinopsis yang kamu buat akan berfungsi untuk memberikan gambaran secara singkat mengenai isi dari sebuah cerita panjang yang kamu tulis. Dengan sinopsis inilah kamu akan lebih mudah dalam membuat cerita sesuai dengan kerangka yang telah kamu buat.

Sinopsis yang bersifat informatif juga akan membantu editor pada sebuah penerbitan agar lebih mudah memahami seluruh isi novel yang kamu kirimkan. Dengan begitu editor akan lebih cepat dalam melakukan penyuntingan naskah dan menjadikannya lebih rapi serta tetap sesuai dengan maksud cerita yang kamu inginkan.


2. Memberikan Gambaran yang Jelas Tentang Alur

Sinopsis novel juga berguna untuk memberi pandangan yang gamblang mengenai alur cerita yang kamu ciptakan. Sinopsis juga dapat menggambarkan tentang isi cerita secara kronologis. Dengan begitu kamu akan lebih mudah menulis cerita dari awal hingga akhir seperti yang sudah kamu bayangkan dan rencanakan.

Jika dikirimkan pada penerbitan, editor akan semakin lebih mudah memahami jalan cerita yang kamu suguhkan. Dengan begitu kamu dan editor bisa membangun komunikasi yang baik ketika proses penerbitan novel sedang berjalan.


3. Menunjukkan Kualitas Karya dan Membantu Proses Kurasi

Dari sinopsis yang kamu buat, editor akan mengerti apakah cerita yang kamu kirimkan itu menarik atau tidak. Kualitas karyamu akan mudah diketahui oleh editor dengan membaca sinopsis yang dikirimkan. Selain itu sinopsis akan membantu pihak penerbitan dalam melakukan proses kurasi dan mempertimbangkan apakah mereka akan menerima karyamu atau tidak. Karenanya kamu harus membuat sinopsis dengan baik agar bisa menarik perhatian editor.

 

Ciri-ciri Sinopsis yang Paling Simpel

Sinopsis juga mempunyai beberapa ciri-ciri yang dapat kamu ketahui, seperti berikut ini.

  1. Menggunakan bahasa yang mudah dipahami, jelas, dan tidak menutup-nutupi, serta menggunakan sudut pandang orang ketiga.
  2. Jalan cerita ataupun alurnya dibuat atau disusun secara berurutan
  3. Plot ditulis dengan jelas dari awal hingga akhir, tidak bertele-tele, dan harus sama dengan cerita asli yang ditulis.
  4. Menampilkan konflik dengan singkat dan tepat seperti yang digambarkan dalam cerita.
  5. Jumlah kata yang digunakan cukup terbatas sesuai dengan ketentuan yang telah diberikan, biasanya dua sampai tiga halaman saja.
  6. Secara obyektif, sinopsis menjelaskan isi keseluruhan cerita yang ditulis.

Beberapa manfaat membuat sinopsis ini akan membuat kamu lebih mudah dalam mewujudkan impian untuk menerbitkan novel. Dengan membuat editor tertarik, tidak menutup kemungkinan kamu akan lolos seleksi menerbitkan novel. Selain itu juga kamu akan semakin mudah dalam memahami keseluruhan cerita yang sudah ditulis. Dan juga menjadikanmu lebih gampang untuk mempromosikan karya tersebut guna menarik perhatian para pembaca.

 

No comments for "3 Manfaat Membuat Sinopsis Beserta Ciri-cirinya yang Perlu Kamu Ketahui"

close