Sulit Berpikir Matang? Coba Lakukan 5 Cara Ini untuk Mendapatkan Topik Menulis

 




 Penulis: Keza Felice

Sebagai seorang penulis pastinya kamu tidak ingin kehabisan ide untuk menghasilkan suatu karya. Akan tetapi mungkin kamu pernah merasa blank, bingung mencari ide tulisan, dan juga merasa tidak tahu apa yang ingin ditulis. Sebenarnya ada beberapa cara mudah untuk mendapatkan topik menulis yang bisa kamu lakukan. Hal ini akan membantumu untuk beranjak dari rasa gelisah karena tidak kunjung menemukan sesuatu yang “menggigit” untuk ditulis.

Pastinya kamu akan merasa kesal bila setelah lama berpikir tapi tidak kunjung menemukan ide. Mungkin langkah yang kamu gunakan untuk mencari ide tersebut masih kurang tepat, sehingga walaupun usahamu sudah maksimal tetapi tidak juga kunjung menemukannya. Atau kamu terlalu takut merasa gagal sehingga pikiranmu menjadi sangat kacau. Apabila sudah seperti itu kejadiannya, tentu kamu akan merasa bad mood hingga malas mencari topik pembahasan yang menarik. Alhasil agenda menulis yang kamu miliki pada hari itu gagal terealisasikan.

Cara Mudah Mendapatkan Topik Menulis

Menurutmu bagaimana sih cara mendapatkan topik pembahasan untuk menulis? Apakah terlalu sulit atau malah sebaliknya? Nah, perihal sulit atau tidaknya mencari topik yang ingin dibahas itu ternyata tergantung pada bagaimana niat yang kamu miliki lho. Jika kamu memang sungguh-sungguh ingin mendapatkannya, yuk coba lakukan beberapa cara mudah berikut ini!


1. Mengingat Kembali Pengalaman Pribadi

Pada saat suasana hati kurang baik mungkin kamu tidak akan kepikiran hal yang satu ini. Padahal, kamu dapat menjadikan pengalaman pribadi sebagai topik tulisan. Cobalah untuk mengingat-ingat kejadian yang pernah kamu alami selama ini.

Dengan mengetahui perjalanan hidupmu sendiri akan memberikanmu kemudahan untuk menuliskannya tanpa merasa kebingungan untuk menentukan alurnya. Kamu hanya perlu memberinya sedikit “sentuhan” sehingga orang yang membaca bisa menikmatinya tanpa mengetahui bahwa karya tersebut merupakan kisah nyata yang kamu alami sendiri.

Kamu dapat menulis mulai dari pengalaman menyenangkan, kejadian yang dialami selama seharian, atau dengan menulis pengalaman yang tidak terlupakan hingga yang paling menyedihkan. Menggunakan pengalaman pribadi sebagai sumber ide bukanlah hal buruk karena kamu bisa menceritakannya seperti ‘air mengalir’. Biarkan ingatan menuntunmu untuk menghasilkan suatu karya.


2. Menggunakan Panca Indra

Saat kamu merasa kehabisan ide, cobalah untuk memanfaatkan panca indra sebagai jalan keluarnya. Berusahalah untuk lebih peka terhadap lingkungan sekitar dengan memahami kejadian yang sedang berlangsung. Biasanya ide dan topik pembahasan akan muncul dengan mudah melalui apa yang dilihat, didengar, hingga yang kamu rasakan.

Kamu akan mendapatkan banyak ide jika mampu memanfatkan situasi yang tertangkap oleh panca indra. Misalnya saja tentang secangkir kopi yang kamu lihat di meja. Nah, dari situlah kamu bisa membuat suatu karya dengan menjadikan “secangkir kopi” sebagai pembahasan utamanya. Kamu dapat menulis cerpen, cerita mini, atau juga puisi hanya dengan memanfaatkan secangkir kopi sebagai topik pembahasan. Ide apa pun dapat kamu temukan melalui semua panca indra yang kamu miliki. Bahkan, rasa dingin yang menerpa kulit atau suasana hati yang buruk pun masih bisa kamu gunakan sebagai bahan tulisan.


3. Berdiskusi Dengan Teman Dekat

Berdiskusi dengan teman saat pikiran terasa buntu akan menjadikanmu lebih mudah menemukan ide atau topik utama. Kamu dapat membicarakan tentang banyak hal bersama orang yang dipercaya, misalnya dengan membahas mantan, masa depan, atau juga impian. Dengan melakukan diskusi ini akan mendorongmu untuk bertukar pikiran. Meskipun tema obrolan kalian sangat absurd dan ringan, tetapi kamu juga tidak dapat menyepelekannya begitu saja. Sebab biasanya setiap obrolan yang terjalin selalu memiliki pesan tersirat yang dapat diambil sebagai bahan menulis.

Seperti halnya saat kamu membahas atau menceritakan tentang mantan. Ambillah tema ‘percintaan’ sebagai topik utamanya. Kamu dapat menuliskan cerita romansa, cerita drama yang memiliki sad ending, atau membuat cerpen tentang pengkhianatan. Hal seperti itu sah-sah saja dilakukan selama kamu merasa nyaman untuk menjadikan topik tersebut sebagai tema tulisan. Tuangkan saja apa yang sedang kamu pikirkan, lalu lakukanlah self editing setelah ide yang kamu miliki selesai dituangkan.


4. Nonton Film Atau Mendengarkan Lagu Favorit

Ternyata menonton film dan mendengarkan lagu favorit bisa menjadi jalan keluar saat kamu kesulitan menemukan ide lho! Banyak penulis yang menemukan inspirasi dari film yang mereka tonton. Begitu pun terhadap lagu kesukaan yang sering didengarkan.

Kamu juga dapat melakukan cara ini untuk mendapatkan topik menulis tanpa harus merasa terbebani. Cobalah menonton film yang sedang kamu suka dengan keadan tubuh yang rileks. Dengan begitulah kamu akan lebih mudah menemukan ide menulis yang mungkin berasal dari adegan yang dilihat atau juga melalui kata-kata yang diucapkan oleh pemeran dalam film tersebut. Biasanya secara tak langsung kamu akan terinspirasi untuk segera membuat sebuah tulisan dari hal menarik yang baru saja disaksikan.

Selain itu, mendengarkan lagu juga bisa menjadi langkah tepat untuk menemukan pembahasan yang menarik. Cobalah mendengarkan lagu yang menurutmu sangat cocok dengan suasana hatimu saat itu, lalu ikuti alunan musik yang terputar sehingga pikiranmu akan tertantang untuk berpikir lebih jauh lagi.

Apabila dengan mendengarkan lagu yang sesuai dengan mood ternyata tidak cukup membantu, berarti kamu perlu melakukan upgrade diri dengan mendengarkan lagu yang lebih energik. Dengan begitulah kamu akan menjadi lebih semangat dan terdorong untuk kembali menulis.


5. Perbanyak Membaca

Sudah semestinya sebagai penulis kamu juga gemar membaca. Seperti yang telah diketahui bahwa membaca merupakan jendela dunia. Selain untuk menambah wawasan, kamu juga akan lebih mudah menemukan pokok pembahasan saat ingin menulis. Apalagi sekarang ini sudah tidak sulit lagi untuk menemukan bahan bacaan. Kamu dapat membaca melalui majalah, buku cetak, atau membaca secara online.

“Lalu apa hubungannya dengan menemukan ide?” Mungkin kamu juga pernah menanyakan hal seperti itu. Dengan banyak membaca kamu akan mudah menemukan topik pembahasan yang menarik. Setelah menemukannya tentu saja kamu harus gesit untuk menuangkannya dalam sebuah karya. Cobalah pikirkan sesuatu yang baik ketika kamu membaca.

Salah satu contohnya saat kamu membaca puisi tentang hujan. Dari bacaan tersebut kamu dapat mengambil tema tulisan tentang ‘hujan’, lalu kembangkan sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Misalnya dengan menulis cerpen yang menceritakan seorang perempuan yang mencintai hujan atau bisa juga menuliskan puisi dengan tema serupa. Yang perlu digaris bawahi yakni bahwa setiap orang memiliki pemikiran yang berbeda-beda, sehingga walaupun tema yang diangkat itu sama tapi eksekusinya pasti akan berbeda pula.

Oleh sebab itulah kamu tidak perlu merasa takut bila topik pembahasan yang kamu angkat akan memberikan hasil yang sama dengan penulis lainnya. Jadilah dirimu sendiri sehingga karya yang kamu berikan akan tetap istimewa.


Meskipun cara setiap orang selalu berbeda, tetapi beberapa cara ini akan membantumu lebih mudah mendapatkan topik menulis. Tidak ada salahnya mencoba karena kamu tidak akan pernah tahu bagaimana hasilnya tanpa mencobanya. Topik menulis akan selalu ada bila kamu dapat menangani kebuntuan dengan cara simpel ini. Karena sesungguhnya ide itu tidak akan pernah membiarkan para penulis ‘kesepian’.

 

3 comments for "Sulit Berpikir Matang? Coba Lakukan 5 Cara Ini untuk Mendapatkan Topik Menulis"

  1. Keren tipsnya Mas. Saya juga sering nulis artikel berdasar pengalaman pribadi. Tulisannya jadi lebih ke story telling,. mengalir bagai air.

    ReplyDelete
  2. Keren tipsnya Mas. Saya juga sering nulis artikel berdasar pengalaman pribadi. Tulisannya jadi lebih ke story telling,. mengalir bagai air.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang terasa lebih nyaman kalau pakai pengalaman pribadi. Gak terlalu berat rasanya, kalau ada yang kurang paham tinggal nyari pelengkap lewat bacaan hehe

      Delete

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar kamu untuk bersilaturahmi dengan Furqon Adzarqowi.
Komentar kalian untuk perbaikan blog beserta isinya agar menjadi lebih baik lagi.

Salam, Sopan dan Santun adalah akhlaq terbaik dalam diri seseorang.
Kesan yang kamu tinggalkan adalah CERMINAN PRIBADI MU

Salam, Furqon Adzarqowi

close