Sederhana dan Mudah! Ini 6 Tips Menyelesaikan Tantangan Menulis 30 Hari

 



Penulis: Keza Felice

Tantangan menulis 30 hari menjadi salah satu agenda yang masih digandrungi hingga saat ini. Banyak penulis yang berlomba-lomba untuk turut berpartisipasi dengan tujuan yang berbeda-beda. Ada sebagian penulis yang memang ingin menguji kemampuan menulisnya, ingin mengenal penulis lain, mendapatkan banyak relasi, sekadar ingin menambah wawasan, atau ingin menantang diri sendiri terhadap kekonsistenan menulis.

Setiap penulis memiliki motivasi yang tidak sama untuk mengikuti challenge menulis 30 hari. Akan tetapi adanya tantangan menulis ini mengajak para penulis untuk berpikir kreatif dan membiasakan diri untuk berkarya saban hari. Sehingga kemampuan menulis akan semakin berkembang, lebih produktif, dan juga kemampuan berpikir akan semakin terasah.

Banyak tantangan menulis yang dapat kamu temui. Misalnya, tantangan menulis novel pada platform tertentu, challenge quotes di Instagram, tantangan menulis puisi, dan lain sebagainya.

Tips Menyelesaikan Tantangan Menulis 30 Hari

Apakah sangat sulit untuk menyelesaikan tantangan menulis 30 hari? Banyak orang beranggapan bahwa mengikuti tantangan menulis 30 hari tanpa henti bukanlah perkara yang sulit. Akan tetapi ada pula yang mengatakan bahwa tantangan menulis seperti itu sangat sulit ditaklukkan. Sebab, terkadang ada saja kendala yang membuat para penulis meninggalkan kewajiban menulisnya pada hari tertentu.

Tantangan menulis itu memang bagus untuk meningkatkan kualitas diri dalam kepenulisan. Mungkin sebelum menerima tantangan menulis, kamu kerap kali merasa malas dan hanya mengandalkan menulis berdasarkan mood. Atau kamu merasa sangat sulit fokus untuk membuat tulisan jika suasana hati kurang baik. Alasan yang mendorongmu untuk tidak berkarya pastinya sangatlah beragam. Oleh karena itulah adanya tantangan menulis tanpa henti ini akan membantumu untuk mengubah kebiasaan-kebiasaan tersebut. Dengan begitu kamu pun dituntut untuk tetap menulis dalam setiap keadaan.

Meski demikian, ada saja yang mengeluhkan berbagai kendala yang mungkin dapat menghambat keberlangsungan tantangan menulis tersebut. Akan tetapi kamu tidak perlu merasa khawatir lagi. Beberapa tips mudah ini akan membantumu untuk merampungkan tantangan menulis 30 hari.


1. Jangan Ragu

Ketika kamu mengikuti tantangan menulis, berusahalah agar tidak ragu terhadap keputusan yang telah kamu buat. Karena kamu sudah mengambil tantangan tersebut, maka tidak ada jalan lain selain menjalaninya dengan sungguh-sungguh. Oleh karena itulah kamu tidak boleh merasa ragu, termasuk juga meragukan diri sendiri. Yakinlah bahwa kamu pasti bisa melalui 30 hari dengan baik sehingga pikiranmu bisa lebih fokus pada tantangan yang diberikan. Dengan begitu kamu bisa mencapai target yang diinginkan dengan baik.

 

2.      Menghidupkan alarm

Terkadang banyaknya kesibukan yang dimiliki membuatmu lupa terhadap jadwal posting karya. Dan karena kamu merasa gagal akhirnya kamu mulai malas untuk menyelesaikan tantangan tersebut. Alih-alih memanfaatkan waktu yang tersisa, kamu justru menyia-nyiakan kesempatan yang ada. Padahal kamu masih bisa mengatasinya dengan baik pada sisa-sisa waktu yang dimiliki.

Biasanya panitia tantangan menulis akan memberikan beberapa kebijakan. Oleh karenanya selama kamu masih memiliki kesempatan, maka gunakanlah hal tersebut dengan baik. Salah satunya dengan membuat pengingat atau alarm pada ponsel setiap hari. Kamu perlu mengatur alarm dua jam sebelum deadline harian berakhir. Sehingga jika kamu lupa membuat tulisan karena terlalu sibuk beraktivitas, alarm akan mengingatkanmu untuk segera menulis pada waktu tersebut. Dengan begitu kamu akan tetap bisa menulis dan mengunggah karyamu sesuai dengan jadwal posting yang telah ditetapkan.

 
3.      Rileks Ketika Membaca Tema

Ketika mengikuti tantangan menulis 30 hari, mungkin kamu akan dihadapkan dengan tema yang berubah-ubah setiap harinya. Hal seperti ini biasanya berlaku untuk event yang diselenggarakan di media sosial instagram. Inilah letak tantangan yang harus segera kamu atasi. Kamu harus bisa belajar profesional dengan mengikuti tema harian yang diberikan panitia.

Kamu tidak perlu merasa tertekan ketika membaca tema yang diberikan setiap harinya. Sebaliknya, cobalah pahami makna dari tema tersebut atau carilah referensi dengan tema yang serupa. Dengan begitu kamu akan lebih mudah untuk menemukan ide-ide baru. Kamu juga dapat membayangkan beberapa hal yang berkaitan dengan tema tersebut. Dan bila dirasa sudah cukup layak untuk diambil sebagai topik pembahasan, maka tuangkanlah ide tersebut dalam sebuah tulisan.

Kamu harus tetap rileks ketika membaca tema yang mungkin menurutmu tidak terduga. Sebab jika kamu merasa panik, cemas, dan pusing, hal tersebut hanya akan membuatmu merasa tertekan dan sulit berpikir. Jadi, tetaplah santai dan berpikir jernih, ya!

 

4.      Memanfaatkan Waktu Sebaik Mungkin

Mengikuti tantangan menulis 30 hari sama halnya dengan melatih kedisiplinan diri. Kamu akan dilatih untuk konsisten dan tetap produktif dalam setiap keadaan. Oleh sebab itulah kamu harus bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai kamu menggunakan waktu senggang dengan melakukan berbagai hal yang kurang berguna.

Sebaliknya, kamu harus bisa menggunakan waktu luang untuk menghasilkan karya. Kamu dapat menggunakannya untuk mengumpulkan ide, merancang hal yang ingin ditulis, atau justru langsung menuliskan sebuah karya. Hal tersebut akan sangat berguna ketika suatu ketika kamu ditempatkan pada keadaan yang tidak memungkinkanmu untuk menulis.

Misalnya kamu mengikuti tantangan menulis novel, maka pada waktu luang cobalah untuk menulis beberapa bab lagi walaupun hari itu kamu sudah mengunggah karya. Hal ini akan sangat membantumu ketika pada jadwal yang telah ditetapkan ternyata kamu belum sempat menulis. Stok bab yang kamu miliki dapat menyelamatkanmu pada keadaan terdesak. Oleh sebab itulah penting sekali untuk menggunakan waktu dengan sebaik mungkin.


5.      Mengatur Jadwal

Selain memanfaatkan waktu dengan baik, kamu juga perlu mengatur jadwal. Saat mulai mengikuti tantangan menulis 30 hari kamu harus langsung menyesuaikan jadwal harian yang dimiliki. Hal ini bertujuan agar kamu bisa memasukkan agenda menulis wajib pada jadwal harian tersebut. Dengan begitulah kamu bisa mengikuti semua kegiatan yang sudah dijadwalkan dengan baik tanpa khawatir mengabaikan kegiatan lain.

Adanya jadwal ini sangat membantumu. Misalnya, setiap pukul sembilan sampai sepuluh pagi kamu harus menulis satu bab novel yang berjumlah 1500 kata. Pada pukul sebelas siang kamu harus sudah mengunggah karya dan lanjut menyelesaikan tugas sekolah. Dan pada sore hari kamu harus menyiapkan ide untuk menulis keesokan harinya. Pada setiap kegiatan yang telah dilakukan sesuai dengan jadwal, kamu juga bisa memberinya tanda. Sehingga kedepannya kamu akan lebih bersemangat untuk menyelesaikan tantangan.


6.      Ikuti Syarat dan Ketentuan

Langkah paling akhir yang harus kamu ingat ketika mengikuti tantangan menulis yaitu terkait syarat dan ketentuan. Ini sangat wajib diperhatikan dan tidak boleh sampai dilewatkan. Kamu harus menulis dan mengunggah karya sesuai dengan syarat serta ketentuan yang sudah ditetapkan oleh panitia.

Apabila panitia mewajibkanmu mengunggah karya sebelum pukul 20.00 WIB, maka kamu harus mengikuti aturan tersebut. Jangan terlalu bersantai untuk melakukan proses pengunggahan, sebab kamu tidak tahu apakah jaringan internet akan bersahabat atau tidak pada waktu-waktu akhir. Dikhawatirkan kamu tidak bisa mengirimkan karya sesuai waktu yang diharapkan.

Kamu harus memperhatikan detail kecil yang diperbolehkan atau yang tidak diizinkan oleh panitia. Jika kamu sudah mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku, maka tinggal berdoa semoga kamu bisa menjadi peserta yang terbaik.

 

Kunci dari mengikuti tantangan menulis 30 hari ini adalah bagaimana kamu dapat mengalahkan keegoisan dirimu sendiri dan berusaha mengalahkan rasa malas. Kamu pasti mampu melakukannya jika memang mau berusaha dengan maksimal. Tidak ada keberhasilan yang instan. Bahkan mie instan pun harus tetap dimasak terlebih dahulu sebelum disantap. Jadi, jangan ragu untuk menggabungkan pelajaran hidup, inspirasi, pengalaman, serta ide-idemu menjadi rangkaian kata yang mudah dimengerti. Dan selesaikanlah tantangan menulismu dengan baik tanpa merasa ragu. Menang kalah itu biasa, tapi berusaha dengan maksimal adalah hal yang luar biasa!

 

2 comments for "Sederhana dan Mudah! Ini 6 Tips Menyelesaikan Tantangan Menulis 30 Hari "

  1. Makasih infonya, kak Keza. Yang lagi kucari, nih☺️

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar kamu untuk bersilaturahmi dengan Furqon Adzarqowi.
Komentar kalian untuk perbaikan blog beserta isinya agar menjadi lebih baik lagi.

Salam, Sopan dan Santun adalah akhlaq terbaik dalam diri seseorang.
Kesan yang kamu tinggalkan adalah CERMINAN PRIBADI MU

Salam, Furqon Adzarqowi

close