5 Tips Konsisten Menulis untuk Mencapai Target dalam Waktu Cepat!

 




 Penulis: Keza Felice

Pernahkah kamu menemukan seorang penulis artikel yang konsisten update di berbagai media dengan konten-konten terbarunya setiap hari? Atau pernah mengetahui tentang penulis yang telah menerbitkan banyak buku dalam waktu berdekatan? Pastinya mereka telah rutin menulis hingga mampu menghasilkan karya setiap hari atau menyelesaikan satu buku dalam waktu cepat. Ada beberapa tips konsisten menulis yang dapat kamu lakukan agar bisa lebih produktif dan menghasilkan banyak karya.

Konsisten menulis menjadi salah satu keinginan serta tantangan terbesar bagi seorang penulis. Meskipun demikian, tidak semua penulis mampu mewujudkan keinginan tersebut dengan berbagai alasan seperti terlalu sibuk, sulit menemukan ide, merasa bosan, atau memiliki agenda di luar jadwal harian.

Beberapa hal seperti itu memang dapat menghambat konsistensi dalam menulis. Oleh karenanya kamu memerlukan beberapa tips untuk mengatasinya sehingga keinginanmu untuk menjadi produktif dapat terlaksana dengan segera. Itu artinya kamu akan lebih mudah meraih target dalam waktu yang cepat.

Tips Konsisten Menulis yang Gampang Diterapkan

Untuk tetap konsisten dalam menulis, kamu memang membutuhkan beberapa hal yang dapat memicunya. Hal tersebut berkaitan dengan komitmen awal yang telah kamu tetapkan sebagai alasan mengapa memilih menulis. Nah, jika kamu ingin meraih target dengan cepat, beberapa referensi ini dapat kamu coba lakukan agar bisa konsisten menulis.


1. Membuat Jadwal Rutin Menulis

Langkah pertama yang perlu diperhatikan yakni dengan membuat jadwal rutin menulis. Hal tersebut perlu dilakukan agar kamu tidak hanyut dalam aktivitas lainnya seperti berselancar di media sosial, bermain game, menonton film, hingga menghabiskan waktu untuk bergosip. 

Memiliki jadwal rutin akan menjadikanmu lebih disiplin dalam menggunakan waktu. Dengan begitulah kamu menjadi terbiasa menyelesaikan kewajiban yang dimiliki tepat pada waktunya. Sehingga kamu bisa langsung menulis sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Bila perlu kamu juga dapat memikirkan ide menulis sembari melakukan pekerjaan rumah selama hal tersebut tidak membuat konsentrasimu buyar.

Tips konsisten menulis yang satu ini memang harus dimiliki walaupun kamu mengklaim sebagai orang yang sibuk. Kamu dapat meluangkan waktu kurang lebih 30 menit setiap harinya untuk menulis. Tentukan waktu luang yang menurutmu paling tepat sehingga jadwal rutin menulis yang kamu miliki bisa tetap berjalan dengan baik. Dan karena sudah bertekad untuk menghasilkan karya, semestinya langkah pertama ini dapat kamu penuhi walaupun banyak hal yang hampir menghambatnya.

 

2. Membuat Deadline dan Menentukan Hukuman Secara Pribadi

Cara yang satu ini juga tidak kalah pentingnya jika kamu ingin konsisten menulis. Kamu dapat membuat deadline secara pribadi, dalam artian hanya kamulah yang mengetahui batas akhir menyelesaikannya. Bukan hanya memberikan deadline pada diri sendiri, tetapi kamu juga harus menentukan hukuman jika tidak berhasil menyelesaikan karya sebelum batas waktu berakhir.

Anggap saja saat itu kamu sedang mengikuti ajang perlombaan atau challenge yang mewajibkanmu untuk menyelesaikan tulisan dalam waktu tertentu. Dengan memiliki deadline kamu pasti akan lebih terdorong untuk segera menyelesaikan karya yang sedang digarap.

Contohnya dengan membuat deadline menulis satu novel dalam waktu 30 hari. Dan apabila tidak berhasil melakukannya, kamu akan memberikan hukuman kepada diri sendiri dengan membuat video saat bernyanyi dan mengunggahnya ke YouTube. Atau kamu akan menghukum dirimu sendiri dengan tidak boleh bermain sosial media selama 10 hari.

Melakukan kedua hal tersebut diyakini mampu membuatmu menjadi lebih bersemangat untuk terus menulis. Pastinya kamu tidak mau kan, bila diberi hukuman gara-gara tidak menyelesaikan tulisan tepat waktu? Maka dari itulah kamu harus memanfaatkan waktu yang dimiliki dengan sebaik mungkin.  Alhasil, kamu akan menjadi lebih serius untuk konsisten menulis.

 

3. Fokus pada Satu Karya

Meskipun ingin memiliki banyak karya, tapi kamu harus mengetahui juga batas kemampuan yang dimiliki. Biasanya banyak orang akan merasa keberatan bila menggarap banyak projek dalam waktu bersamaan. Oleh karenanya jika ingin konsisten menulis, kamu harus fokus pada satu karya terlebih dahulu sebelum beralih pada karya lainnya.

Wajar bila sebagai penulis kamu sering memiliki ide baru, tetapi sebaiknya simpan ide tersebut dalam catatan kecil agar dapat dituangkan ke dalam karya pada waktu mendatang. Cara agar konsisten menulis ini tidak akan sulit diterapkan jika kamu memang benar-benar ingin segera menyelesaikan karya yang dimiliki.

Nah, jika sebelumnya kamu telah menentukan jadwal harian, gunakanlah waktu tersebut untuk menyelesaikan satu karya yang sudah terpilih. Dengan begitulah kamu akan menjadi produktif dalam berkarya dan bisa tetap update setiap hari sehingga pembaca setiamu tidak akan bosan menunggu.

 

4. Jangan Malas Mencatat Ide 

Ide merupakan hal utama yang harus dimiliki saat menulis. Pastinya kamu membutuhkan ide-ide baru setiap kali menulis. Oleh karena itulah kamu perlu mencatat berbagai ide yang terkadang muncul dalam pikiran. Kamu dapat menggunakan ponsel atau buku kecil sebagai wadah untuk menampung ide-ide segarmu.

Tidak dapat dimungkiri bahwa terkadang ide datang di saat yang tidak tepat, seperti saat sedang melakukan pekerjaan rumah atau saat sedang bepergian. Oleh sebab itulah penting bagimu memiliki buku khusus untuk mencatat ide yang bermunculan. Atau kamu juga dapat memanfaatkan ponsel sebagai pengganti buku, karena ponsel dinilai lebih praktis untuk di bawa ke mana pun pergi. Catatlah ide yang terpikirkan di dalam aplikasi note yang terdapat dalam ponsel. Kemudian, salinlah ide tersebut ke buku khusus menulis ketika kamu sudah sampai di rumah.

Cara tersebut akan sangat berguna ketika kamu mulai menulis. Sehingga tidak ada lagi alasan stuck dalam proses berkarya yang kamu jalani, sebab kamu masih bisa menemukan kembali ide yang sebelumnya telah dikumpulkan dalam catatan.

 

5. Motivasi Diri Sendiri

Saat kamu memiliki keinginan untuk konsisten menulis, berikanlah motivasi pada diri sendiri. Biasanya dorongan yang berasal dari diri sendiri akan menjadikanmu merasa lebih nyaman tanpa ada paksaan atau tekanan. Dengan begitulah kamu akan merasa lebih rileks dalam melakukan kegiatan menulis.

Kamu juga dapat mengingat orang-orang yang selama ini telah mendukung dan mendoakanmu. Mereka pastinya ingin kamu berhasil meraih target yang telah ditetapkan. Mengingat orang-orang berharga yang mengharapkan kesuksesan darimu tentunya dapat membuatmu lebih bersemangat untuk segera merampungkan tanggung jawab yang dimiliki.

Meskipun begitu, kamu juga harus memahami kondisi diri sendiri, ya! Apabila dirasa sudah mulai lelah atau bosan pada saat menulis, setidaknya luangkan waktu beberapa menit saja untuk beristirahat. Atau kamu juga dapat melakukan aktivitas lainnya sambil menulis, seperti dengan mendengarkan musik atau sambil bernyanyi.

 

Nah, bagaimana sekarang? Apakah kamu mulai memikirkan cara penerapannya? Bagaimanapun tips hebat yang pernah kamu baca, tapi bila dirimu sendiri tidak bertekad untuk menerapkannya, maka tidak akan pernah ada perubahan berarti yang akan kamu dapatkan.

Jadi apa pun yang kamu ketahui, cobalah untuk melakukannya selama hal tersebut baik untuk dirimu. Tidak ada kata terlambat untuk mengubah kebiasaan lama agar menghasilkan karya yang memukau. Kamu harus mampu meraih target yang telah dimiliki agar impianmu tidak kandas begitu saja. Karena beberapa tips konsisten menulis ini tidak akan sulit diterapkan selama kamu benar-benar ingin menjadi penulis yang produktif dalam berkarya.

 

 

No comments for "5 Tips Konsisten Menulis untuk Mencapai Target dalam Waktu Cepat!"

close