5 Cara Menemukan Inspirasi Menulis yang Paling Gampang, Tertarik Mencoba?



Penulis: Keza Felice

Salah satu permasalahan para penulis adalah duduk di depan laptop tanpa memiliki ide atau inspirasi sama sekali. Padahal, kedua hal tersebut merupakan komponen penting yang dibutuhkan oleh seorang penulis untuk  menghasilkan karya. Maka tidak heran bila banyak penulis yang melakukan berbagai cara menemukan inspirasi menulis agar bisa tetap menghasilkan karya berupa tulisan-tulisan yang indah, menarik, dan memiliki daya jual yang tinggi.

Tanpa adanya inspirasi dan ide menulis kerap kali menjadikan beberapa penulis bermalas-malasan dalam menghasilkan karya. Bahkan, karena permasalahan sepele ini banyak pula penulis yang merasa bad mood hingga akhirnya mengabaikan keinginannya untuk menjadi penulis yang produktif. Padahal menulis bukan hanya sekadar mengandalkan mood yang baik, sebab apa pun perasaan yang dimiliki dan peristiwa seperti apa pun yang terjadi semestinya dapat dijadikan sebagai inspirasi untuk memulai sebuah tulisan.

Cara Menemukan Inspirasi Menulis yang Sangat Gampang

Ketika kamu merasa buntu, pasti ide apa pun yang muncul akan terasa tidak menarik. Sedangkan waktu yang tidak pernah berhenti membuatmu harus segera menyelesaikan tanggungan menulis dan menghasilkan sebuah karya. Akan tetapi karena tidak menemukan inspirasi yang sesuai dengan keinginan, kamu pun menjadi tertekan dan uring-uringan. Hal seperti ini tentu sangat mengganggu produktivitasmu. Padahal, inspirasi memang tidak datang begitu saja dan kamu harus mencarinya karena keberadaannya memang dapat ditemukan di mana saja.

Tidak memiliki persiapan untuk menulis memang sangat menyebalkan. Akan tetapi kamu tidak perlu cemas dan terlalu larut dalam merenungi kebiasaan “sulit menemukan ide”. Beberapa cara menemukan inspirasi menulis ini dapat kamu jadikan referensi untuk memulai langkah baru agar bisa tetap produktif dalam setiap situasi.

1.   Menuliskan pengalaman yang pernah dialami

Setiap orang tentu memiliki pengalaman yang berbeda-beda dalam menjalani hidup, begitu pun denganmu. Apabila kamu merasa bingung mencari inspirasi cobalah untuk menjadikan pengalaman pribadi sebagai bahan tulisan. Kamu tidak perlu merasa ragu untuk melakukannya sebab para pembaca tidak akan tahu bila tulisan tersebut merupakan kejadian yang kamu alami.

Oleh karena itulah kamu bisa menuliskan pengalaman yang pernah kamu dapatkan selama ini. Siapa tahu pengalaman yang kamu miliki mampu menginspirasi atau memberikan pelajaran bermakna untuk orang lain. Jadi, tak masalah bila kamu menuliskan pengalaman pribadimu sendiri sebagai sumber inspirasi. 

2.   Mengamati isu sosial yang sedang ramai dibicarakan

Isu sosial yang sedang ramai dibahas oleh orang-orang bisa kamu jadikan sebagai sumber referensi untuk menemukan inspirasi menulis. Cara menemukannya juga sangat mudah. Kamu dapat mengulik berbagai situs atau media sosial dan melihatnya pada bagian trending topic atau bisa juga menggunakan tagar tertentu. Tulisan yang dapat kamu hasilkan dari mengamati isu sosial juga cukup beragam, misalnya menulis cerpen dengan mengusung konflik yang sama, atau dengan menulis artikel dengan pembahasan yang berkaitan.

Jadi, mulai sekarang kamu tidak perlu panik bila belum menemukan ide ketika hendak menulis. Sesekali jangan hanya melewati dan membaca sekilas saja tentang suatu hal yang trending. Sebab mulai sekarang kamu dapat memahami dan menjadikannya sebagai insprasi menulismu.

3. Membaca

Sudah sangat umum jika membaca menjadi salah satu cara menemukan inspirasi menulis. Akan tetapi hal yang satu ini masih banyak diabaikan oleh beberapa penulis karena merasa bahwa membaca tidak terlalu penting atau karena terlalu malas membaca. Padahal menulis dan membaca merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Sebab kamu akan menemukan inspirasi atau ide dengan membaca. Semakin banyak kamu membaca, maka akan semakin berkembang pula ide dan kreativitas yang kamu miliki.

Seiring bertambahnya hal-hal yang kamu ketahui dari kegiatan membaca, maka akan semakin banyak pula inspirasi yang akan berdatangan. Tulisanmu juga akan semakin baik setiap kali berkarya. Hal tersebut ternyata dipengaruhi oleh kualitas bacaan yang kamu pilih. Sehingga tanpa disadari kamu bisa mengikuti selera pasar dan karyamu akan semakin berkualitas. Tentu saja wawasanmu juga akan ikut bertambah sehingga kamu tidak perlu khawatir akan kehabisan ide atau inspirasi ketika akan menulis.

Selain itu, semakin banyak membaca akan membuatmu mengetahui banyak kosa kata sehingga kalimat yang kamu buat tidak akan membosankan. Jadi, bila kamu mulai merasa kehabisan inspirasi atau ide menulis, segeralah membaca apa pun yang menurutmu memang layak untuk dibaca dan dipelajari, baik dari buku, majalah, atau media online.

4.   Mendengarkan musik

Cara mudah menemukan inspirasi menulis yang dapat langsung kamu coba yaitu dengan mendengarkan musik. Hobi mendengarkan musik ternyata bukan hanya dapat membuatmu merasa senang, tapi juga bisa menuntunmu untuk menemukan inspirasi menulis. Ya, mendengarkan lagu-lagu kesukaan memang dapat menjadi alternatif ketika kamu merasa tulisan yang dihasilkan mulai membosankan dan begitu-begitu saja.

Kamu bisa memilih lagu-lagu yang energik atau lagu yang dinyanyikan oleh penyanyi favoritmu. Karena terbukti dengan mendengarkan musik kamu akan merasa terhibur dan nyaman dengan suasana yang ada, sehingga hal tersebut akan membangkitkan mood dan energi positif dalam dirimu. Hal tersebut juga akan membuatmu merasa lebih rileks tanpa adanya tekanan tertentu. Sehingga kamu akan lebih konsentrasi untuk menghasilkan karya.

 5.  Jangan ragu ketika sudah menemukan inspirasi dan ide menulis

Ketika kamu sudah menemukan inspirasi ataupun ide menulis, sebaiknya jangan merasa ragu untuk menuangkannya ke dalam tulisan. Jangan memikirkan hal-hal buruk dan negatif yang padahal belum tentu akan terjadi. Terlalu mengurung pikiran dengan berbagai hal negatif hanya akan membuatmu tidak berkembang. Kamu yang seharusnya sudah berkarya justru menjadi stuck gara-gara terlalu memikirkan kemungkinan mengalami kegagalan dari inspirasi yang ditemukan.

Oleh sebab itulah sebaiknya kamu langsung menuangkan inspirasi dan ide tersebut tanpa merasa ragu. Berusahalah untuk menuliskan sesuatu dengan rasa yakin dan buatlah orang lain segera menikmatinya. Kamu masih bisa melakukan revisi sebelum memublikasikan karya tersebut jika di pertengahan menulis kamu merasa ragu. Meskipun begitu kamu harus tetap percaya diri dan terus menulis jika sudah menemukan ide, ya! Jangan sampai waktumu terbuang sia-sia hanya karena memikirkan sesuatu yang tidak pasti.

Menghasilkan karya yang baik memang diperlukan perjuangan dan pengorbanan yang maksimal. Meskipun begitu hal tersebut bukan mustahil dilakukan olehmu. Kamu bisa menggunakan beberapa cara menemukan inspirasi menulis ini jika dirasa hampir kehabisan ide. Cobalah dengan perlahan dan pastikan kamu sudah yakin untuk mencoba hal-hal baru. Dengan begitu kamu akan lebih mudah untuk menghasilkan karya tanpa  merasa terbebani.  





No comments for "5 Cara Menemukan Inspirasi Menulis yang Paling Gampang, Tertarik Mencoba?"

close