4 Tips Membiasakan Menulis, Ringan dan Tidak Membosankan

 


Penulis: Keza Felice

Banyak orang yang menyukai kegiatan menulis. Akan tetapi tidak sedikit pula yang merasa kesulitan membiasakan diri untuk menulis saban hari. Banyak orang yang beralasan bahwa menulis membutuhkan bakat karena proses menulis merupakan suatu hal yang sangat sulit. Padahal, sebenarnya kemampuan menulis bisa diasah dari sekarang. Ada banyak tips membiasakan menulis yang dapat kamu coba agar bisa terbiasa merangkai kata. Dengan begitu kamu tidak akan terbebani dengan kegiatan tersebut.

Kunci utamanya yaitu raji berlatih dan tidak malu terhadap hasil yang diperoleh. Kamu perlu menulis setiap hari tanpa memikirkan tema yang berat. Dalam artian kamu bisa menuliskan apa pun yang ada dalam pikiranmu. Dengan begitulah kamu akan mengalahkan rasa malas yang biasanya memengaruhi seseorang ketika hendak menulis.

Tips Membiasakan Menulis

Belajar menulis, membiasakan diri untuk menulis, konsisten, dan produktif dalam berkarya. Beberapa hal tersebut memang menjadi impian  banyak orang. Akan tetapi dalam penerapannya ternyata terasa susah-susah gampang. Sebenarnya beberapa kesulitan tersebut memiliki jalan keluarnya masing-masing, tergantung kepada kemauanmu ketika berusaha mencarinya. Apabila kamu ingin membiasakan diri untuk menulis, cobalah untuk menjadikan menulis sebagai rutinitas. Berikut beberapa tips membiasakan menulis yang dapat kamu coba lakukan!

1. Menulis Setiap Hari

Kamu memang harus menulis setiap hari untuk membangun kebiasaan menulis. Mungkin kamu pernah beralasan malas sebelum menulis. Akan tetapi sadarkah kamu bila setiap hari kamu juga sudah menulis banyak chat di WhatsApp, mengisi caption instagram, atau update status di Facebook? Jika dihitung sudah berapa ratus kata yang kamu tulis di sana selama ini? Sayangnya kamu tidak menyadari hal tersebut karena sudah menjadikannya sebagai kebiasaan.

Oleh sebab itulah jika kamu mau membiasakan diri untuk menulis dan ingin menghasilkan karya, cobalah untuk menjadikan menulis sebagai rutinitas dan sebuah kesenangan. Seperti halnya ketika kamu menulis pesan di WhatsApp, begitu juga dengan menulis. Kamu harus bisa menyisihkan waktu dan menggunakannya untuk menghasilkan karya atau menulis sesuatu.

Kamu dapat memulainya dengan menulis 300 kata setiap harinya. Kemudian, setelah merasa sedikit terbiasa cobalah menambah jumlahnya menjadi 500 kata. Dan kamu dapat terus menambahkan jumlah kata sesuai dengan kemampuanmu. Kamu dapat menggunakan kolom caption di instagram atau kolom status di facebook untuk berlatih menulis setiap hari. Caranya sangat gampang, kamu dapat memilih gambar di internet, lalu coba deskripsikan gambar tersebut menggunakan bahasamu sendiri. Atau kamu dapat membuat karya berupa puisi, kata-kata bijak, atau cerita pendek tentang kehidupanmu yang berkaitan dengan gambar tersebut.

Melakukan kegiatan seperti ini akan melatihmu untuk terbiasa menulis. Tanpa disadari kamu akan merasa bahwa menulis itu mudah. Jangan pikirkan apakah tulisan tersebut sudah bagus atau belum, kamu hanya perlu berkarya agar tidak malas menulis. Biarlah orang lain yang menilai dan kamu juga dapat belajar dari penilaian orang terhadap karyamu. Selain itu kamu juga tidak perlu merasa cemas bila ada yang memberikan kritik atau saran terhadap apa yang kamu tulis. Karena hal tersebut bersifat membangun terhadap perkembangan tulisanmu.

 

2. Menetapkan Tujuan Menulis

Menetapkan tujuan menulis memang sangat penting. Hal inilah yang akan membuatmu terus menulis setiap hari. Tetapkan tujuan mulai dari sekarang, apakah kamu ingin menjadi penulis esai, memiliki sebuah novel, menjadi penulis puisi, atau menjadi penulis artikel. Kamu tidak perlu memaksakan diri untuk langsung menghasilkan karya yang bagus dan sangat menarik. Setidaknya kamu sudah menjadikan menulis sebagai rutinitas terlebih dahulu. Sebab seiring bertambahnya waktu yang kamu gunakan untuk berlatih, secara tidak sadar kualitas tulisanmu juga akan terus berkembang.

Sebagai contoh jika kamu ingin menjadi penulis puisi, biasakanlah menulis puisi walaupun hanya dua bait pada setiap kali mengunggah gambar di instagram. Apabila kamu tidak memiliki ide, tulislah apa saja yang sedang kamu rasakan. Melakukan hal seperti ini sudah sangat bagus untuk menjadikanmu biasa menulis. Kamu juga dapat mengangkat tema yang beragam ketika mulai menulis. Hal tersebut agar kamu tidak mudah bosan dan kamu juga bisa mencoba jenis tulisan lainnya sebagai selingan. Dengan beginilah kamu akan terbiasa menulis walaupun hanya tulisan singkat sampai akhirnya benar-benar mencapai tujuan yang dimiliki.

 

3. Meluangkan Waktu

Mengatur waktu menjadi poin yang tak kalah pentingnya. Tips membiasakan menulis yang satu ini memang harus kamu lakukan dari sekarang. Kamu harus bisa melatih kebiasaan menulis dengan baik. Oleh karenanya kamu perlu meluangkan waktu yang cukup untuk melakukan kegiatan menulis. Misalnya dengan menggunakan waktu sebanyak 30 menit setiap harinya untuk membuat suatu karya.

Pada waktu yang sudah ditentukan tersebut sebaiknya kamu tidak menggunakannya untuk melakukan hal-hal lain dan fokuslah dengan kegiatan menulis saja. Sesibuk apa pun kamu, bila memang telah memiliki niat untuk menjadi penulis maka kamu harus meluangkan waktu untuk melakukannya. Karena dengan membiasakan diri inilah secara tidak langsung kamu akan merasa ‘haus menulis’ yang pada akhirnya membuatmu berkeinginan menambah waktu untuk memperbanyak tulisan.

 

4. Mencari Tempat yang Nyaman

Salah satu cara membiasakan menulis yaitu dengan memiliki tempat yang nyaman ketika menulis. Kamu dapat mencoba tempat yang sepi atau tempat khusus untuk menulis, misalnya di kamar atau taman di pekarangan rumahmu. Hindari kebisingan jika khawatir hal tersebut dapat mengganggu konsentrasimu. Sebab jika kamu terganggu, maka proses menulis pun akan turut terganggu. Kamu juga dapat menggunakan media menulis seperti laptop atau ponsel.  Pilihlah salah satu media yang membuatmu merasa nyaman dan mudah ketika mulai menulis. Dengan begitu kamu tidak akan merasa malas dan bad mood sehingga akan lebih mudah menghasilkan tulisan.

 

Tips membiasakan menulis ini memang sangat mudah dan cukup ringan untuk dilakukan. Kamu tidak akan merasa repot ketika mencobanya. Jika kamu sudah melakukannya saban hari, cobalah untuk membandingkan hasil tulisanmu dengan orang lain. Hal ini akan membuatmu semakin mengerti sejauh mana kemampuanmu telah berkembang. Dan kebiasaan menulis pun mulai tertanamkan dalam dirimu, sehingga menulis bukan lagi sekadar hobi melainkan juga rutinitas yang tidak dapat ditinggalkan.

No comments for "4 Tips Membiasakan Menulis, Ringan dan Tidak Membosankan"

close