Simak Beberapa Trik Ini Agar Tak Terjebak Plagiarisme Saat Menulis Puisi

Simak Beberapa Trik Ini Agar Tak Terjebak Plagiarisme Saat Menulis Puisi

Penulis: Rizqika Ahmad

Menulis puisi dapat dikatakan salah satu seni mencintai gelombang suka dan duka kehidupan. Menghasilkan karya tulis puisi yang indah dan dapat dicintai oleh banyak mata yang membaca adalah impian setiap orang yang gemar menulis puisi terutama saat sang penulis membagikan tulisannya di laman publik. 

Dan bagi setiap penulis, memperhatikan orisinalitas karya tulisan adalah salah satu hal yang sangat penting. Pentingnya orisinalitas karya tidak hanya menyinggung perihal pelanggaran hak cipta, namun juga bagaimana kamu membangun citra jati diri yang jejaknya akan tertinggal di setiap lembar kehidupanmu yang akan turut dibaca oleh orang lain.

Menciptakan karya puisi yang indah diksinya dan sarat akan makna adalah beberapa syarat mutlak yang harus kamu miliki agar pusimu dapat dicintai oleh setiap orang yang membacanya. Selanjutnya, salah satu kunci untuk dapat aktif menulis sebuah karya adalah dengan banyak membaca, dan memiliki penulis favorit dapat turut membantu menentukan kemana arah kiblat tulisan yang sesuai dengan jati dirimu. 

Namun sayangnya, terkadang tanpa sadar  kamu bisa terjebak untuk mencatut tulisan dari penulis lain yang kamu sukai atau bahkan kamu cintai. Lalu bagaimana caranya agar dalam menulis puisi, kamu tidak terjebak plagiat pada puisi-puisi indah favoritmu milik penulis lain. Simak beberapa trik berikut, ya!

1. Gunakan Kamus Sinonim

Cara pertama yang paling ampuh adalah kamu harus memiliki kamus sinonim. Saat kamu menyukai sebuah puisi lalu kamu terinspirasi dengan puisi tersebut, tak mengapa jika kamu ingin mengutip beberapa diksi dalam puisi favortimu, namun setelahnya gunakan kamus sinonim untuk mencari persamaan dari diksi yang kamu ambil, dan pilih dari hasil persamaan diksi tersebut yang sekiranya paling sesuai dengan kalimat puisi yang sedang kamu ciptakan. Dan kamus sinonim ini pun bisa dengan mudah kamu peroleh dari platform digital yang ada di handphone kamu, lho.

2. Banyak Membaca dari Banyak Genre Buku

Untuk menghasilkan tulisan yang kaya akan diksi, kamu juga perlu memperkaya genre bacaanmu. Karena dalam setiap buku yang kamu baca, kamu bisa menemukan banyak diksi atau banyak istilah kata yang akan sangat bermanfaat bagi karya puisi yang ingin kamu ciptakan.

3. Gali Terus Imajinasimu

Menggali imajinasi juga cukup penting dalam menghindari plagiat. Setiap karya seni yang tercipta pasti memiliki inspirasi, dan tidak jarang seorang penulis mendapatkan inspirasi justru setelah mendapati karya tulis milik orang lain yang menurutnya bagus dan atau dikagumi. 

Sebetulnya tidak ada yang salah mengambil inspirasi dari karya milik orang lain, hanya saja setelahnya kamu perlu mengolah ide dari buah inspirasi tersebut dengan imajinasi yang kamu miliki sendiri. Dari luasnya imajinasi, kamu akan melahirkan lebih banyak jalan keluar untuk memilih jenis kata atau diksi bagi puisimu.

4. Tanamkan Integritas yang Kuat dalam Diri

Dan selanjutnya yang paling tidak kalah penting untuk dapat terhindar dari perilaku plagiator adalah memiliki Integritas yang kuat dalam diri. Dengan segala naluri yang dimiliki sebagai manusia, integritas yang kuat ini tentunya tidak akan muncul ujug-ujug dengan sendirinya, namun perlu  dilatih agar tumbuh dan kokoh membentengi diri. 

Jika kamu sudah berhasil sepenuhnya menanamkan integritas dalam jati dirimu, saat menciptakan karya seni serupa puisi pun, alam bawah sadarmu akan mampu melindungi pikiranmu dari hal-hal negatif yang dapat merugikan dirimu sendiri dan juga orang lain.

Dan untuk menciptakan sebuah karya puisi yang indah serta mampu dicintai oleh banyak orang dengan banyak selera memang tidaklah mudah. Namun kamu bisa terus melatih tulisanmu dengan terus banyak menciptakan karya. Agar kamu bisa menemukan jati diri dan kenyamanan dalam tulisanmu. Karena sejatinya, kenyamanan itu lahir dari hati, dan segala sesuatu yang lahir dari hati akan mudah sampai lagi ke hati.

Semoga beberapa trik ini dapat bermanfaat untuk kepenulisanmu dan dapat melindungimu agar tak terjebak plagiarisme, ya!

No comments for "Simak Beberapa Trik Ini Agar Tak Terjebak Plagiarisme Saat Menulis Puisi"

close