7 Tips Ringan yang Bisa Kamu Lakukan Saat Memulai Menulis Novel


7 Tips Ringan yang Bisa Kamu Lakukan Saat Memulai Menulis Novel

Penulis: Anggita Kusmadewi

Menulis novel bisa jadi kegiatan yang seru dikala kita sedang mempunyai banyak waktu luang, apalagi sekarang dengan adanya pandemi virus korona membuat kita menghabiskan segala aktivitas belajar atau bekerja dilakukan di rumah masing-masing, tentu akan ada sedikit atau banyak waktu luang yang kita dapatkan, dari pada kita hanya menghabiskan waktu luang dengan rebahan atau makan-makan saja lebih baik kita menggunakan waktu luang dengan kegiatan yang positif.

Menulis merupakan salah satu kegiatan yang dapat mengisi waktu luangmu, tak jarang banyak orang yang terjun ke dunia penulisan baik itu menulis artikel, puisi, esay, cerpen, maupun novel baik secara online maupun dikirim ke redaksi media masa seperti koran dan majalah. 

Apalagi sekarang semakin banyak media online yang menyediakan lowongan bagi para freelancer untuk menulis di media online, hal ini tentu jangan disia-siakan ini merupakan kesempatan yang bagus bagi kalian untuk memulai menulis dan mendapatkan sumber penghasilan.

Tapi bagaimana jika kita tidak mempunyai pengalaman dalam menulis novel atau lainnya, inilah kesempatan kamu untuk belajar, belajar dari pengalaman jadi kamu harus rajin mengasah kemampuan menulis kamu, coba kamu setiap hari membuat artikel, cerpen atau novel lalu kamu kirimkan ke beberapa media online, jika kamu lakukan itu secara rutin kemampuanmu akan terus berkembang. 

Jika kamu memiliki kesulitan dalam membuat artikel karena artikel memerlukan bahan yang informatif dan data yang mendukung, kamu bisa mulai dengan menulis cerita baik itu dalam bentuk cerpen maupun novel. Bagi pemula biasanya cenderung untuk menulis tentang sebuah cerita dimana cerita tersebut bisa dikembangkan sesuai dengan imajinasi atau kisah mereka sendiri.

Lalu, apa saja ya tips untuk membuat novel khususnya bagi para pemula? Jangan khawatir disini kita bahas tips yang ringan dan bisa kamu lakukan ketika kamu memulai menulis novel.

1. Menentukan gambaran umum atau tema yang akan kamu angkat dalam novel yang kamu tulis, poin pertama ini sangat penting dan merupakan langkah paling utama dalam menulis novel. Ide dan tema yang kamu kembangkan harus jelas arahnya agar pembaca dapat memahaminya. Contoh kamu bisa mengambil tema romansa, horor, komedi dll.

2. Menentukan target pembaca, di tahap ini kamu harus menentukan target pembaca novel yang kamu tulis, misalkan kamu membuat novel bertema keluarga maka target pembaca adalah orang tua, jika kamu menulis novel bertema romansa maka yang jadi target pembaca novelmu adalah remaja.

3. Menentukan kerangka novel, kamu harus menentukan tokoh utama dan tokoh pendukung beserta karakter-karakternya, lalu menentukan sudut pandang, alur cerita yang ingin kamu bangun seperti apa, apakah alur maju atau alur mundur atau gabungan dari kedua alur tersebut, lalu permasalahan atau biasa disebut konflik, dalam sebuah cerita yang disusun tentu akan ada sebuah konflik di dalam cerita tersebut, dalam proses menulis coba kamu bangun cerita dengan konflik yang menarik dan tidak terkesan memaksakan, kamu bisa menyusun konflik tersebut dengan teratur dan rapi mulai dari awal konflik, puncak konflik, dan ending konflik tersebut.

4. Setelah kamu membuat gambaran umum tentang cerita yang akan kamu tulis, maka langkah selanjutnya adalah mencari waktu atau membuat jadwal untuk menulis novel, cari waktu yang tepat dan sesuaikan dengan jadwal kegiatanmu, cari tempat yang nyaman dan hindari tempat yang berisik agar kamu bisa berkonsentrasi dalam menulis novel.

5. Mulai menulis novel sesuai dengan rencanamu dan gambaran yang sudah kamu susun.

6. Setelah kamu selesai di tahap menulis, maka kamu harus melakukan editing terhadap tulisan yang kamu buat.

7. Jika semua tahap di atas sudah kamu lakukan maka tahap terkakhir yaitu naskah siap kamu kirimkan ke media online atau media cetak.

Langkah-langkah dan tips tersebut bisa kamu lakukan saat mulai menulis novel, jangan sedih jika karyamu belum diterima atau diterbitkan, jadikan pengalaman dan kesempatan kamu untuk dapat memperbaiki tulisanmu dan terus belajar menulis sampai nanti karyamu dapat di terbitkan. Semangat!

No comments for "7 Tips Ringan yang Bisa Kamu Lakukan Saat Memulai Menulis Novel"

close