5 Alasan yang Bikin Kamu Wajib Menulis. Masih Ragu?


5 Alasan yang Bikin Kamu Wajib Menulis. Masih Ragu?

Penulis: Rosita Sopwi Nur Laily

Belakangan ini menulis menjadi salah satu tren di masyarakat. Hal ini tentu tidak lepas dari meningkatnya penggunaan jejaring sosial yang memungkinkan penggunanya menuliskan apa pun, entah sekadar curhatan, kata-kata mutiara, opini, bahkan kritik pada pemerintah. 

Situs dan platform digital untuk menulis juga banyak bermunculan. Tidak hanya artikel atau opini, ragam tulisan berbentuk fiksi juga laris di pasaran. Tidak sedikit karya best sellers yang berawal dari platform digital dan melahirkan banyak penulis baru. Sekarang, siapa pun bisa menulis, termasuk kamu. Namun, jika sampai detik ini masih juga belum menemukan alasan yang bikin kamu wajib menulis, coba baca artikel ini sampai habis!

1. Melepaskan Stress

Sering penat oleh pekerjaan? Tugas-tugas sekolah? Atau masalah-masalah pribadi lain yang bikin kamu sampai stress? Coba tuangkan semua permasalahanmu ke dalam tulisan. Seperti halnya curhat ke orang lain, menulis pun bisa menyalurkan emosi kita. Kamu bisa jadi apa pun dan siapa pun dalam tulisanmu tanpa khawatir dihakimi. Tidak ingin identitasmu diketahui orang lain? Tenang saja, kamu masih bisa menulis menggunakan nama pena, kok!

2. Memperoleh Penghasilan

Menjadi seorang penulis saat ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Pekerjaan yang kelihatannya santai ini bisa menambah uang jajanmu, lho. Banyak situs yang mau membeli tulisan kita, seperti lingkarpenulis.com, IDNtimes, Brillio.net, Cabaca, dan lain-lain. Meski melalui seleksi, tentu poin ini bisa menjadi pertimbangan kuat alasan yang bikin kamu wajib menulis. Selain media digital, kamu juga bisa mencetak hasil karyamu dan mendapatkan royalti dari hasil penjualan buku.

3. Memberi Edukasi Kepada Pembaca

Buku adalah jendela dunia, kita pasti sudah sering mendengar pepatah ini. Sebuah buku tercipta dari hasil pemikiran seorang penulis. Dari tulisan itu pulalah kita bisa mendapatkan banyak hal saat membacanya. Oleh sebab itu, saat menulis kita tak ubahnya seorang guru yang sedang memberi pelajaran kepada murid-muridnya. Pastinya kita tidak ingin memberi pelajaran yang buruk pada para pembaca, ‘kan?

4. Menulis Membuatmu Kelihatan Keren

Pernah pergi ke toko buku dan menemukan sebaris nama di bagian sampul bukunya? Pernah kebayang nggak bagaimana kalau yang tertulis di sana adalah namamu? Pasti ada kebanggaan tersendiri saat karya kita berhasil mejeng di toko buku atau terbit di suatu media. Bahkan yang lebih sederhana dari itu, ada rasa kepuasan ketika hasil tulisan kita dibaca dan mendapat apresiasi dari orang lain. Nggak percaya? Buktikan sendiri, deh!

5. Sarana Menebar Kebaikan

“Kalau kamu bukan anak raja dan engkau bukan anak ulama besar, maka jadilah penulis,” begitulah nasihat dari Imam Al-Ghazali, salah satu ulama termasyhur hingga saat ini. Menjadi seorang penulis tidak melulu bicara soal uang dan ketenaran, melainkan manfaat lain yang bisa didapat dari sana. 

Sesuatu yang ditulis akan lebih menetap dan mudah disebarluaskan daripada sekadar omongan dari mulut ke mulut. Dari tulisan pula, kita bisa menyelipkan pesan kebaikan dan nasihat-nasihat agar siapa pun yang membaca tergerak untuk melakukannya. Oleh sebab itu, pastikan dalam tulisanmu terkandung poin-poin kebajikan agar pahalanya pun bisa tetap mengalir meski raga telah tiada.

Itu tadi lima alasan yang bikin kamu wajib menulis. Sebenarnya masih banyak yang lain, bahkan bisa jadi kamu punya alasan tersendiri yang mendorongmu untuk jadi penulis. Namun, apa pun alasanmu, jangan ragu untuk memulainya sekarang!

No comments for "5 Alasan yang Bikin Kamu Wajib Menulis. Masih Ragu?"

close