4 Cara Atasi Buntu Ide Menulis Paling Ampuh, Kamu Harus Tahu!



4 Cara Atasi Buntu Ide Menulis Paling Ampuh, Kamu Harus Tahu!

Penulis: Rida Izatul Fadhilah

Apakah Anda pernah kehabisan ide saat menulis? Rasanya seolah-olah segala sesuatu dari A hingga Z telah dibahas. Dan sebaliknya, saat menemukan suatu ide, tak ada yang menarik dari ide tersebut. Jangan sampai hal itu mengalahkan anda.

Silahkan baca tips ide-ide kepenulisan berikut ini:

1.   Cari Tempat Paling Nyaman

Cara pertama untuk menemukan ide menulis adalah menemukan tempat yang membuat Anda nyaman. Saat ini, ada banyak tempat nyaman yang dapat membantu Anda melakukan beberapa hal, seperti perpustakaan, kafe, dll. Tidak menutup kemungkinan bahwa rumah Anda adalah tempat yang nyaman untuk Anda. Dengan berada di tempat yang membuat Anda merasa nyaman, pikiran Anda akan tenang sehingga Anda dapat lebih cepat menemukan ide.

2.   Perbanyak Bacaan

Menulis dan membaca adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Melalui banyak membaca, Anda akan menemukan berbagai hal yang dapat membantu Anda menemukan konsep penulisan yang tepat. Mulailah dengan membaca artikel yang mudah diakses, seperti blog, artikel di Internet, dan buku yang Anda miliki. 

Jika Anda menemukan ide orisinal, Anda bisa menggalinya untuk memasaknya dengan membaca materi yang secara spesifik menjelaskan ide orisinal yang Anda dapatkan. Misalnya, jika ingin menulis artikel tentang olahraga, Anda bisa membaca majalah olahraga, artikel koran tentang olahraga, program olahraga di TV, dan lain sebagainya.

3.   Teman Mengobrol

Cara ketiga untuk menemukan ide menulis adalah mencari inspirasi dengan berkomunikasi dengan banyak orang. Tidak perlu membahas menulis atau bekerja, Anda bisa menyinggung atau mendiskusikan apapun. Dialog yang luas dan lancar dapat memberi Anda banyak ide atau inspirasi. Konten obrolan Anda akan berkembang dan perspektif tulisan Anda akan menjadi lebih beragam.

4.   Cari Referensi Lain

Saat mencari ide tulisan cobalah cari referensi-referensi lain. Referensi lain dapat berupa film, musik, dan permainan. Dari referensi-referensi tersebut, Anda bisa mengambil beberapa ide untuk tulisan Anda. Tetapi, ingat, bukan berarti melakukan plagiat. Anda hanya mengambil ide untuk dikembangkan, bukan mengambil ide secara keseluruhan.

Selain keempat cara tersebut, masih terdapat banyak cara lain mencari ide tulisan. Tetapi, satu hal penting untuk Anda yang ingin menulis adalah memulai. Jika Anda hanya memikirkan ide tanpa mencoba untuk mulai menulis, Anda akan cenderung menundanya sehingga tulisan Anda tidak akan selesai. Selamat mencoba!

No comments for "4 Cara Atasi Buntu Ide Menulis Paling Ampuh, Kamu Harus Tahu!"

close