Mau Produktif? Ini 5 Cara Paling Gampang Untuk Atasi Mood Saat Menulis

 

Mau Produktif? Ini 5 Cara Paling Gampang Untuk Atasi Mood Saat Menulis

Penulis: Keza Felice

Kebanyakan orang pernah mengalami bad mood. Adanya suasana hati yang kurang baik ternyata dapat menjadi rintangan saat kamu melakukan berbagai aktivitas, termasuk dalam menulis. Ada cara paling gampang untuk atasi mood saat menulis yang dapat kamu terapkan agar tetap produktif.

Sebenarnya bad mood akan menyerang siapa pun tanpa pandang bulu. Kamu yang awalnya sangat produktif dalam berkarya pun berpotesi mengalami bad mood. Hal tersebut menandakan bahwa suasana hati yang buruk ini dapat dipicu oleh berbagai hal yang berbeda-beda bagi setiap orang.

Bagi kamu yang memiliki hobi atau aktivitas sebagai seorang penulis, mengalami bad mood pasti bukan hal yang asing. Terkadang alasan terberat ketika memiliki keinginan untuk tetap produktif dalam berkarya yakni adanya susana hati yang kurang baik. Alhasil, kamu jadi ogah melanjutkan kegiatan menulis dan menyesalinya setelah sadar bahwa waktu yang terlewati begitu sia-sia.

Ada 5 cara paling gampang untuk atasi mood menulis, gampang dan ampuh!

Kamu perlu mengetahui berbagai faktor yang dapat menyebabkanmu menjadi malas menulis hanya gara-gara bad mood. Tidak perlu galau, kamu masih bisa mengatasi bad mood yang berkepanjangan dengan berbagai cara super simpel dan ampuh ini untuk menghilangkan bad mood. Check it out!

1. Membaca Karya Orang Lain

Meskipun sedang bad mood bukan berarti kamu tidak dapat melakukan aktivitas yang masih berkaitan dengan menulis. Salah satu cara yang dapat mengatasi bad mood saat menulis yakni dengan membaca.

Membaca karya orang lain diyakini menjadi cara super ampuh untuk menghalau bad mood. Sebab saat membaca, selain menambah wawasan kamu juga dapat termotivasi untuk berkarya melalui tulisan yang sedang atau akan kamu tulis nantinya. Kamu juga dibebaskan untuk membaca segala macam jenis tulisan dari beragam referensi yang kamu perlukan.

Kuncinya, kamu harus rajin membaca apa yang kamu suka, dan sukai apa pun yang kamu baca. Setelah itu, jika bad mood telah lenyap, kamu bisa melanjutkan aktivitas menulis dengan lebih semangat.

2. Memberi Hadiah Pada Diri Sendiri

Biasanya banyak orang yang akan bertambah semangat untuk melakukan aktivitas jika ada iming-iming hadiah sebagai imbalannya. Ini adalah salah satu cara yang ampuh agar bad mood cepat hilang saat kamu sedang menulis. Dengan memberi hadiah pada diri sendiri akan membuatmu lebih termotivasi untuk segera mengurangi kejenuhan yang dapat mendatangkan bad mood.

Pastinya kamu sangat senang kan ketika diberi hadiah? Oleh karenanya melakukan kegiatan kecil ini diperlukan untuk memperbaiki suasana hatimu. Namun demikian kamu tak usah terlalu khawatir terhadap budged yang dibutuhkan, sebab kamu tidak perlu memberikan reward yang terlalu mewah hingga menguras kantong.

Sebaliknya, kamu bisa memberikan hadiah dengan harga murah, seperti dengan membeli cokelat, es krim, satu pak permen, atau membeli makanan yang kamu suka. Kamu juga bisa memanjakan diri dengan menonton film kesukaan atau membeli buku baru. Hadiah semacam ini dijamin mampu mengatasi mood yang belakangan merisaukanmu.

3. Ingat Waktu dan Kesehatan yang Tidak Bisa Dibeli

Saat mengalami bad mood, pastinya waktumu akan terbuang sia-sia karena kamu memilih untuk menuruti kemalasan yang menggoda. Padahal, jika kamu mampu menghargai waktu, urusan bad mood yang kamu alami seketika akan hilang.

Kamu harus ingat bahwa kesehatan bisa saja terganggu tanpa aba-aba. Hal tersebut membuktikan bahwa kesempatanmu untuk berkarya bisa saja berkurang dalam waktu yang tidak menentu. Pada saat kesehatan terganggu, mungkin kamu tidak mampu untuk menulis atau menghasilkan karya lainnya.

Oleh sebab itulah sebaiknya manfaatkan waktu yang masih bisa dapat kamu gunakan selagi tubuh masih sehat. Sebab, waktu dan kesehatan tidak dapat dibeli dan tidak mampu untuk diulang kembali. Jadi, gunakanlah kesempatan yang ada untuk terus menghasilkan karya.

4. Ingat Kembali Awal Tujuan Menulis

Pastinya kamu memiliki tujuan saat menulis, kan? Salah satu cara paling gampang untuk atasi mood saat menulis yakni dengan mengingat kembali tujuan awal menulis. Rasanya kamu pasti memiliki impian dan harapan saat mulai terjun dalam dunia kepenulisan

Tujuan menulis ini sangat beragam dan tidak selalu sama bagi setiap orang. Oleh sebab itu kamu juga pastinya memiliki pertaruhan yang harus diperjuangkan. Mungkin kamu ingin memiliki buku karya sendiri atau ingin menjadi penulis profesional yang dapat menggarap semua bidang.

Sayangnya berbagai keinginan tersebut akan sulit tercapai jika kamu terus-terusan merasa bad mood. Karena itulah kamu harus ingat tujuan awal menulis agar hatimu lebih terpacu lagi untuk segera mewujudkannya. Dengan begitulah suasana hatimu akan kembali membaik dengan semangat yang baru.

5. Memberikan Sedikit Paksaan

Hal yang satu ini mungkin jarang disadari dan tidak banyak yang membahasnya. Akan tetapi kamu harus ingat bahwa bad mood tidak akan hilang jika kamu hanya mengandalkan teori atau tips yang telah dibaca tanpa menerapkannya.

Mau sebagus apa pun tips yang telah kamu ketahui, tapi jika dirimu sendiri enggan melakukannya, sudah dapat dipastikan bad mood itu akan terus mengganggumu. Oleh karena itulah sebaiknya kamu memberikan sedikit paksaan kepada diri sendiri.

Paksalah dirimu untuk bergerak dan menghasilkan karya. Mungkin pada awalnya cara yang satu ini terkesan aneh dan semakin menyebalkan. Namun tanpa disadari dengan sedikit memaksakan diri, kamu akan terbiasa untuk melawan bad mood.

Dengan begitulah kedepannya kamu akan terbiasa untuk mengalahkan rasa malas atau mengalihkan suasa hati yang kurang baik dengan tetap menulis. Ingat pula bahwa yang dapat mengubah suasana hatimu itu hanya dirimu sendiri, ya. Yang dapat menjadikanmu tetap produktif pun hanyalah dirimu sendiri. 

Jika kamu terus merasa bad mood tanpa mau bergerak untuk mengatasinya, sampai kapan pun juga kamu akan berada pada titik yang sama alias tidak mengalami perkembangan.

Beberapa cara paling gampang untuk atasi mood saat menulis ini memang sangat ampuh bila kamu mau menerapkannya satu per satu. Mengandalkan tips yang dibaca tidak akan pernah bisa mengubah takdirmu tanpa adanya usaha yang dilakukan. 

Dorongan orang lain hanya berupa semangat, tapi diri sendiri lebih berkuasa untuk menentukan masa depan yang ingin dimiliki. Jadi, tetap semangat dan berusaha semaksimal mungkin agar menjadi produktif dalam menulis, ya!

1 comment for "Mau Produktif? Ini 5 Cara Paling Gampang Untuk Atasi Mood Saat Menulis"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar kamu untuk bersilaturahmi dengan Furqon Adzarqowi.
Komentar kalian untuk perbaikan blog beserta isinya agar menjadi lebih baik lagi.

Salam, Sopan dan Santun adalah akhlaq terbaik dalam diri seseorang.
Kesan yang kamu tinggalkan adalah CERMINAN PRIBADI MU

Salam, Furqon Adzarqowi

close