5 Tips Jitu Mengatasi Writer’s Block




5 Tips Mengatasi Writer’s Block

Penulis: Muhammad Sayyid Rifai

Kamu senang menulis? Atau sedang belajar menulis? Salah satu fenomena umum yang biasa dialami oleh setiap penulis adalah writer’s block atau kebuntuan saat menulis. Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal. Misalnya, tidak munculnya gagasan, hilangnya kemampuan menulis, atau masalah komitmen dan kecakapan dalam menulis.

Istilah writer’s block sering diidentikan dengan keadaan seorang penulis yang mengalami kesulitan untuk melanjutkan tulisannya. Bahkan, penulis dunia sekeliber J.K Rowling pernah mengalami kebuntuan saat mengarang buku Harry Potter.

Memang, kebuntuan menulis seorang penulis profesional dan mereka yang baru belajar menulis mempunyai sebab yang berbeda-beda. Bagi pemula, biasanya writer’s block ini disebabkan oleh kebuntuan ide, tidak percaya diri, takut kritik, dan menganggap bahwa tulisan yang dibuat itu tidak bagus.

Namun ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan ketika mengalami writer’s block dengan sebab-sebab seperti di atas. Berikut 5 tips untuk mengatasi writer’s block.

Berhenti Sejenak dan Segarkan Pikiran

Saat kamu mengalami kebuntuan dalam menulis, cobalah untuk berhenti sejenak dan lakukan aktivitas lain yang menyegarkan pikiran. Misalnya dengan cara menonton, makan, atau apa saja yang menurut kamu itu menyenangkan. Karena setiap orang punya cara masing-masing dalam mereferesh pikirannya. Jadi, kenali dirimu seperti apa.

Menulis Apapun yang Ada di Pikiran

Dilansir dari Writer Digest, menulis bebas akan membantu otak kamu melatih dan menggali kata-kata yang sudah ada sejak lama, dan membantu menempatkan kata-kata baru yang ada dalam pikiran untuk dituliskan.

Cobalah kamu menulis apa saja yang ada dalam pikiran, tuangkan semuanya dalam bentuk tulisan. Seperti kamu sedang bercerita kepada seseorang  yang kamu percaya. Dengan begitu, kamu bisa menemukan ide-ide baru yang bisa dijadikan bahan tulisan.

Mencari Inspirasi Dengan Membaca

Istilah “belum punya ide” atau “belum ada ide” sebetulnya kurang tepat. Sebab ide itu sebenarnya sudah ada, apapun bisa dijadikan ide. Permasalahannya adalah apakah ide tersebut sudah di branstorming atau belum?

Salah satu cara branstorming ide yaitu dengan banyak membaca. Cobalah membaca apa saja, novel, buku, caption, komentar-komentar netizen di media sosial, atau yang lainnya. Dengan begitu kamu akan menemukan inspirasi yang tak terduga.

Biasanya kebuntuan menulis karena mentok atau idenya  tidak muncul disebabkan kurangnya referensi bahan bacaan. Kalau menulis itu diibaratkan senjata, maka membaca adalah amunisinya.

Menulis Bersama

Cobalah lakukan diskusi dengan teman penulis lain untuk melakukan kegiatan menulis bersama. Ketika berada mengalami writer’s block, kamu akan mendapatkan teman untuk sharing tentang tulisan yang kamu buat.

Dalam sebuah artikel di halaman The Guardian, kegiatan menulis bersama merupakan bagian dari kehidupan pekerjaan sekaligus kehidupan sosial. Menulis bersama juga bisa mengurangi tingkat kecemasan seseorang saat menyelesaikan pekerjaan.

Jadi, cobalah untuk menulis bersama temanmu ya.

Sharing Dengan Orang Berpengalaman

Bertemu orang atau ngobrol dengan orang yang berpengalaman boleh kamu coba saat mengalami writer’s block. Diskusi tentang kepenulisan atau kiat-kiat menjadi penulis yang konsisten akan membuat kamu semakin termotivasi untuk melanjutkan tulisan.

Selain itu, kamu bisa mendapatkan cerita berharga dalam perjuangan menulis. Atau mendapatkan ide baru untuk dijadikan bahan tulisan. Biasanya, orang berpengalaman mempunyai berbagai cerita menarik dalam hal menulis. Kamu perlu mendapatkan itu sebagai motivasi dalam menyelesaikan tulisan.

Itulah beberapa tips bagi kamu yang mengalami writer’s block. Setiap tulisan harus diselesaikan, setiap tulisan selalu ada pembacanya, dan setiap kata yang telah dipublikasin, makna sepenuhnya dari kata tersebut milik para pembaca. Semoga berhasil ya.

 

No comments for "5 Tips Jitu Mengatasi Writer’s Block"

close